2111

Kantong Aman Setelah Resign

Apapun alasan yang melatarbelakangi Anda keluar dari pekerjaan, jangan anggap remeh masalah keuangan. Persiapkan betul dengan membuat perencanaan yang matang. Sebab uang merupakan jaminan Anda dan keluarga bisa hidup dengan layak.

Keluar dari pekerjaan atau resign sering membuat keuangan menjadi tak stabil. Terlebih bila Anda belum memiliki pekerjaan baru. Bayang-bayang untuk memenuhi kebutuhan menjadi mimpi buruk setiap hari.

Namun bila memang keputusan Anda sudah bulat, dan mau tak mau Anda harus keluar dari pekerjaan, minimal amankan keuangan untuk dapat memenuhi kebutuhan paling penting. Lalu rencanakan keuangan agar kantong tak terus menipis.

Siapkan dana darurat

Buatlah prinsip bahwa dana darurat tidak boleh diotak-atik selain untuk kebutuhan yang mendesak. Dana darurat juga bisa menjadi tabungan Anda selama menganggur. Secara teori, Anda diharuskan mempunyai tabungan minimal 6 kali gaji sebulan. Dengan acuan, dalam waktu tersebut Anda sudah bisa menemukan pekerjaan baru. Namun bila tidak, pastikan tabungan aman untuk memenuhi biaya kebutuhan dasar Anda dan keluarga.

Ekonomis

Turunkan konsumsi dan gaya hidup Anda agar bisa terus survived. Tahan ego untuk membeli barang-barang yang sekiranya tidak terlalu penting. Seperti melakoni hobi yang selama ini Anda suka tapi menghabiskan banyak dana. Buang pikiran untuk terus jajan enak dan belanja ini itu. Ingat, ini hanya sementara jadi tetap optimis dan hidup bahagia agar tidak mempengaruhi performa Anda dalam menemukan pekerjaan yang baru.

Hindari kredit

Jangan tergoda pada iming-iming utang, kredit lunak, atau tanpa DP. Bagaimanapun Anda diharuskan untuk melunasi atau mengangsur secara berkala. Sedang Anda belum memiliki pendapatan yang tetap. Lebih baik tunggu sampai keuangan benar-benar aman, jadi cicilan serasa ringan untuk dibayar.

Lunasi hutang

Telusuri lagi apakah Anda mempunyai hutang ke kantor atau kolega. Lebih baik lunasi semua hutang atau pinjaman agar tidak ada tanggungan yang memberatkan Anda nantinya. Baik dengan cara mencicil atau langsung membayar kontan. Bila Anda belum mampu untuk menutup semuanya, sampaikan langsung agar pihak lain mengerti kondisi yang sedang Anda alami. Siapa tahu ada kelonggaran waktu untuk melunasi, jadi beban Anda lebih ringan.

Temukan pekerjaan sampingan

Belum menemukan pekerjaan baru yang dirasa lebih menjanjikan, tak menjadi halangan untuk Anda tetap berpenghasilan. Jalani saja profesi sebagai freelancer. Seperti penulis, web designer, desainer grafis, content analyst, input data, tour guide, dan sebagainya. Menarik lagi jika sesuai dengan hobi dan passion Anda. Misalnya Anda pandai memasak. Pasarkan saja lewat media sosial dan daftar di transportasi online. Jadi, kantong tetap terisi kan?

Tetap menjaga kontak

Menjaga tali silaturahmi selalu membawa untung. Setidaknya Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja. Dari hasil tatap muka atau yang banyak disebar grup-grup obrolan aplikasi online. Sapa teman-teman lama dan kolega yang dulu pernah bekerjasama. Peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru jadi lebih terbuka. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments