tomyam-utama

Asam Segar Pelajaran Pembuatan Video

Kedai makan tak hanya sebagai tempat makan. Menyantap makanan bisa jadi lebih asyik bila ditambah dengan menimba ilmu. Apalagi ilmu yang seru, seperti cara membuat dan mengedit video menggunakan ponsel pintar. Seperti “Workshop Smartphone Videography for Newbies” yang digelar oleh Tomyam Kelapa, Minggu (12/11) lalu.

Kedai bambu yang ada di Jalan Sulawesi, Villa Bintaro Indah, hari itu menyuguhkan tak hanya tomyam dalam kelapa yang lezat, namun juga pengetahuan yang segar. Teguh Sudarisman, travel writer, fotografer, dan videografer, berbagi ilmu mengenai bagaimana memanfaatkan ponsel pintar untuk membuat video yang cukup berkualitas.

“Saat ini ponsel pintar sudah bisa digunakan untuk membuat dan mengedit video dengan hasil yang cukup berkualitas. Karena itu, sayang bila tidak dimanfaatkan dengan maksimal,” ujar Teguh. Padahal menurutnya, video yang dibuat dari ponsel pintar sudah bisa “dijual” sehingga dari keisengan tersebut bisa menghasilkan uang tambahan.

Perlu skenario

Teguh Sudarisman sedang mentransfer ilmu.

Namun meski sudah jamak membuat video melalui ponsel, tak banyak orang yang mengerti bagaimana membuat video yang baik. “Bukan asal syut, tapi tidak tahu tujuannya. Berikut beberapa saran dari Teguh bila Anda ingin membuat video:

  1. Buat rancangan kasar jalan cerita video yang akan dibuat.
  2. Bila memungkinkan, lakukan observasi tempat dan situasi agar Anda mendapat ide.
  3. Masukkan faktor aktivitas manusia. Karena aktivitas manusia membuat video lebih “hidup.”
  4. Berikan kutipan bicara dari narasumber.
  5. Syutlah sepotong demi sepotong dengan angle yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa mendapat gambaran utuh dari suatu benda atau tempat.

Selain itu, agar video Anda tidak goyang, apalagi bila Anda ingin menggerakkannya ke kiri kanan, Anda perlu alat tambahan, yaitu tripod. Alat ini bisa Anda beli secara online. Bentuknya kecil, sehingga mudah dibawa-bawa.

Serunya membuat video

Pembuatan tomyam dalam kelapa.

Setelah mendapat ilmu singkat bagaimana membuat video dengan ponsel pintar. Peserta pun diajak untuk mempraktekkan pelajaran tadi menggunakan ponsel masing-masing. Sebagai obyek, tentu saja Tomyam Kelapa yang terkenal itu. Dengan antusias, peserta mulai mensyut proses pembuatan tomyam dalam kelapa.

Di sinilah keriuhan dimulai. Masing-masing peserta beraksi dengan ponsel masing-masing. Mengambil sudut pengambilan gambar yang dirasa paling pas dan paling menarik. Tak terasa hampir sejam proses pengambilan berjalan.

Setelah rehat sejenak sambil mencicipi tomyam kelapa yang asam segar, peserta pun kembali mendapat ilmu lain, yaitu proses pengeditan video memakai aplikasi dari ponsel pintar. Sesi ini juga cukup menarik.

Berbagai trik diajarkan Teguh. Sesekali peserta bertanya karena kurang mengerti, atau ketinggalan pelajaran karena sibuk mengotak-atik ponsel. “Saya sudah beberapa kali mengikuti pelatihan pembuatan video yang dilakukan Mas Teguh. Dan setiap kali saya mendapat ilmu yang berbeda,” ujar Sobari, salah seorang peserta.

Proses transfer ilmu ini berlangsung cukup lama. Sekitar dua jam peserta asyik mengedit video. Beberapa peserta tampak tersenyum senang ketika melihat hasil pembuatan video mereka. Beberapa yang lain masih memelototi ponsel dengan kening berkerut dan wajah serius.

Apapun ekspresi mereka, yang pasti mereka terlihat sangat puas dengan adanya pelatihan pembuatan video hari itu. Apalagi ditambah dengan sajian makan siang yang lezat dari Tomyam Kelapa. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments