1711

Perlu Tahu, Perjalanan Virus Flu!

Pilek atau flu merupakan masalah jamak di musim hujan ini. Namun saat virus menyerang, segala aktivitas bisa terganggu. Badan pun aduhai rasanya. Dengan mengerti perjalanan virus flu saat menyerang tubuh, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat dengan segera.

Berikut adalah perjalanan virus flu mulai dari tiba, hingga berpesta di tubuh Anda.

Hari 1. Virus masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara, misalnya dari pegangan trolley belanja di supermarket. Virus yang ada di tangan Anda masuk ke dalam sistem sinus saat Anda menggosok hidung atau mata. Hari itu juga, virus berpindah ke sistem pernapasan Anda dan mulai berproduksi dengan bebas dan menghalangi kemampuan tubuh melindungi diri.

Hari 2-3. Anda tidak merasakan apa-apa. Anda pun masih bisa beraktivitas seperti biasa meskipun sel-sel virus sedang bergerak menuju ke paru-paru Anda.

Hari 4. Tubuh Anda mulai terasa tak karuan. Beberapa efek samping dari virus yang melawan sistem kekebalan tubuh mulai muncul, seperti bersin dan batuk. Saat ini mungkin Anda mulai berpikir untuk minum obat bebas. Memang, obat bisa membantu menghilangkan gejala bersin dan batuk, namun virus flu tetap bersarang di paru-paru Anda.

Saat gejala ini mulai muncul, lebih baik Anda perbanyak konsumsi cairan, seperti air putih. Selain itu mulailah tambah waktu istirahat Anda. Pastikan Anda tidur cukup, yaitu tidak kurang dari tujuh jam. Tidur berhubungan dengan hormon melatonin. Melatonin adalah antioksidan kuat dalam tubuh yang akan melawan radikal bebas yang menurunkan kekebalan tubuh.

Hari 5. Bila virus yang menyerang Anda adalah virus penyebab pilek biasa, pada hari ini seharusnya penderitaan Anda mulai berakhir. Anda tidak lagi merasa sakit. Namun kemungkinan Anda masih sesekali bersin.

Tetapi bila Anda diserang oleh virus penyebab flu, Anda malah merasa makin kepayahan. Bisa jadi Anda merasa demam, meriang, mual, muntah, atau bahkan diare. Gejala yang tak mengenakkan ini akan berlangsung selama beberapa hari. Saat itulah sistem kekebalan tubuh Anda sedang bertempur dengan sengit melawan virus flu.

Karena itu bantu sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak makan buah dan sayur yang berwarna terang, karena kaya kandungan antioksidan. Tambah pula konsumsi protein, seperti telur, ikan, ayam, dan kacang-kacangan, sebab sistem kekebalan tubuh dihasilkan oleh protein.

Hari 10. Tubuh Anda mulai terasa fit kembali. Namun jangan “sombong“ dulu. Dalam tubuh Anda bisa saja masih tersisa virus, bahkan seminggu setelah gejala pertama kali muncul. Karena itu, tetaplah tutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin. Kalau bisa, tetaplah tinggal di rumah dan beristirahat hingga tubuh Anda benar-benar pulih dan tidak menulari orang lain. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments