1611

Mari Belajar Membersihkan AC Sendiri

Jangan hanya karena enggan membayar tukang servis AC profesional, lalu Anda jadi mengabaikan kebersihan AC. Jika Anda tak memiliki dana untuk pemeliharaan AC, Anda bisa, kok, membersihkan AC sendiri. Mudah dan tidak memerlukan peralatan yang ribet. Cukup bermodalkan alat-alat yang kita gunakan sehari-hari.

Penyejuk ruangan atau AC sebaiknya dibersihkan setidaknya tiga bulan sekali. Karena bila kuman dan bakteri dibiarkan terlalu lama menghuni AC, kesehatan penghuni rumah juga terganggu. Tak hanya itu, tagihan listrik juga membengkak karena kerja AC jadi lebih berat.

Beberapa tanda AC mulai rindu perawatan antara lain, berbau apek, suhu tidak terlalu dingin, dan mengeluarkan bunyi berisik. Kalau tanda-tanda tadi mulai muncul, mulai sisingkan lengan untuk membersihkan AC sendiri. Berikut panduan umum untuk membersihkan AC.

Bagian listrik

Pertama dan demi keamanan bersama, matikan AC terlebih dulu. Setelah itu putuskan sambungan kabel dari stop kontak listrik. Anda bisa menutup bagian stop kontak dengan lakban atau plastik agar tidak terciprat air saat dibersihkan nanti. Perhatikan pula sisa-sisa air yang ada dalam AC supaya tidak membahayakan bagian yang terhubung dengan listrik.

Lepas filter AC

Baca buku petunjuk dengan teliti sebelum Anda melepas dan memasang kembali filter dari bagian utama AC. Filter adalah satu-satunya komponen yang bisa dilepas. Bila dirasa kotoran yang menempel filter hanya sedikit, Anda cukup menggunakan kuas, dengan lap basah atau vacuum cleaner agar bersihnya maksimal. Tapi jika sangat kotor, cuci saja filter memakai sabun pencuci piring dan bilas seperti biasa. Biarkan filter kering dengan sendirinya tanpa perlu dilap, namun jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Filter yang sudah bersih bisa Anda pasang kembali.

Penggantian filter dapat dilakukan minimal 3 bulan sekali agar kebersihan udara selalu terjaga. Terlebih bila ada anggota keluarga yang mempunyai alergi debu.

Kumparan evaporator dan kipas

Bagian lain yang perlu dibersihkan adalah kumparan evaporator dan kipas, tetapi tidak bisa dilepas seperti filter. Di pasaran banyak dijual cairan pembersih khusus untuk kumparan. Jika menggunakan cairan pembersih yang ada di rumah tak masalah, yang penting bagian kumparan dan kipas jadi bersih. Sebelum memulai, alasi dinding dan lantai agar kotoran tidak tercecer kemana-mana.

Semprotkan cairan dengan perlahan. Ambil kain lap yang halus dan hindari penggunaan vacuum cleaner untuk bagian ini. Meskipun memiliki tekstur keras, sentuhan kasar akan mudah merusak kumparan dan kipas.

AC unit luar

Membersihkan AC unit luar cukup dengan menyemprotkan air. Gunakan tekanan yang tinggi dan langsung mengarah pada bagian AC untuk merontokkan debu yang bersarang. Jangan khawatir akan terkena pada sambungan listrik. Sebab sudah didesain sedemikian rupa sehingga air tidak akan masuk ke dalam sistem.

Nyalakan kembali AC setelah 2 jam atau lebih. Atur remote pada posisi FAN untuk menghilangkan sisa-sisa air di dalam AC. Tunggu selama 10 menit, setelah itu Anda bebas mengubah mode-nya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments