1211

Trik Agar Anak Tak Rewel Saat Terbang

Tak semua anak suka bepergian dengan pesawat. Bahkan kadang jadi momok bagi orang tua karena anak rewel dan bertingkah. Apalagi bila naik pesawat merupakan pengalaman pertama anak. Butuh tenaga ekstra dan persiapan khusus saat membawa anak terbang agar tetap tenang dan nyaman.

Naik pesawat memang beda dibanding bepergian dengan moda transportasi lain. Luas kabin yang tak seberapa mengharuskan penumpangnya untuk duduk. Sedang anak-anak umumnya aktif bergerak dan lebih suka jalan kesana kemari. Ajakan untuk tetap duduk sering membuat anak menangis. Belum lagi ruangan yang tertutup, berasa sesak, tempat duduk yang terbatas, dinginnya AC, dan deru mesin pesawat yang kencang menimbulkan rasa takut pada anak.

Agar perjalanan dengan kapal terbang tetap nyaman dan anak tak trauma, terapkan beberapa hal ini.

Datang lebih awal

Ajak anak dan anggota keluarga lain yang ikut bepergian, datang lebih awal ke bandara. Di ruang tunggu, Anda bisa mengobrol dan mendiskusikan aturan naik pesawat. Sekalipun anak masih bayi, gunakan bahasa sederhana bahwa dia akan menempuh perjalanan dengan pesawat. Jelaskan bahwa tiap penumpang harus mengenakan sabuk pengaman, mematikan ponsel dan tidak bisa berjalan-jalan seperti biasanya. Kadang anak jadi antusias dan malah tak sabar menunggu untuk mencoba. Manfaatkan hal ini sambil melihat-lihat pesawat yang rata-rata parkir di apron depan kaca ruang tunggu.

Siapkan kebutuhan anak

Siapkan satu tas khusus untuk kebutuhan anak. Letakkan di bawah kursi penumpang yang duduk di depan Anda, agar mudah mengambil barang yang diperlukan. Mulai dari makanan, mainan favorit, buku cerita, popok, baju ganti, jaket, minyak telon, dan lainnya. Siapkan gendongan atau selimut yang biasa digunakan untuk memberikan rasa nyaman dengan memberikan pelukan. Anak pun merasa lebih nyaman dengan hadirnya barang-barang yang biasa menemani.

Penutup telinga

Sediakan alat khusus untuk menutup telinga agar tidak terganggu. Akibat perbedaan tekanan udara yang tinggi, gendang telinga sering terasa sakit. Untuk mencegahnya, dunia medis menyarankan anak-anak agar selalu mengunyah atau minum susu secara perlahan. Para ibu sering mengakali dengan menyusui bayinya secara langsung. Anda bisa menyediakan camilan biskuit, roti, permen, dan susu agar anak sesekali bisa mengunyah.

Alihkan perhatian

Pecah konsentrasi anak agar tidak terfokus pada rasa takutnya akan pesawat. Lakukan pengalihan dengan permainan sederhana yang bisa dilakukan sembari duduk. Keluarkan buku ceritanya dan mulailah mendongeng. Sesekali selingi dengan humor untuk membuat anak tertawa. Anda bisa menyalakan layar monitor yang biasanya menempel di kursi depan Anda. Putarkan film dan musik kesukaannya.

Menceritakan detail nama dan fungsi bagian-bagian pesawat juga menarik di mata anak-anak. Ajak dia untuk melihat pemandangan di bawah melalui kaca jendela, kala pesawat menembus awan, merasakan getaran pesawat sebagai sesuatu yang menyenangkan. Bila matanya terlihat mengantuk, tinggal meninabobokan sambil mengusap pelan-pelan kepalanya. Perjalanan jadi tenang dan aman.  (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments