1011

Aneka Jamu untuk Memuluskan Kulit

Sangat sayang bila demi mendapat kulit halus dan mulus Anda menghabiskan jutaan rupiah. Padahal kita punya warisan berupa jamu yang murah meriah. Rasanya yang khas bermanfaat untuk menyehatkan badan dan memancarkan kecantikan alami kita. Minumlah jamu, maka kulit Anda akan berterima kasih.

Minuman tradisional ini bukanlah ramuan sembarangan. Sejak jaman dulu, jamu digunakan untuk membuat kulit halus sekaligus mengusir bau badan. Tubuh pun tetap langsing semampai. Jamu juga dapat membuat kulit lebih bersinar dan menghilangkan berjerawat.

Jamu telah banyak dijual dalam kemasan bubuk instan dan cair dalam botol. Tapi bila ingin meramu sendiri untuk menjamin keasliannya, coba saja beberapa jenis minuman berikut ini di rumah.

Kunyit asam

Bahan utama yang diperlukan adalah kunyit dan asam. Anda bisa menambahkan bahan lain seperti daun asam muda, temulawak, biji kedawung, dan perasan jeruk nipis. Jamu ini kaya vitamin A dan C yang bikin kulit bersih bercahaya serta jerawat kabur. Sedang kandungan minyak atsiri dalam kunyit berguna melawan bakteri penyebab bau badan.

Beras kencur

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak menyukai beras kencur karena rasanya yang segar dan manis. Selain membuat badan segar bugar, jamu beras kencur juga membuat kulit cerah dan menghadang jerawat muncul. Bentuk tubuh juga tetap ramping bila rajin mengonsumsi jamu ini. Anda bisa mengolah beras dan kencur dengan memadukan jahe, kapulaga, temulawak, dan kedaung.

Kunci sirih

Tidak hanya bikin kulit kinclong, kunci sirih juga memperkuat lapisan email gigi dan menghilangkan peradangan, menghilangkan bau tak sedap, keputihan dan nyeri haid. Agar rasaya tidak terlalu kuat, Anda bisa menambahkan gula merah atau madu. Mengombinasikan dengan bahan lain juga bisa, seperti perasan jeruk nipis, kapulaga, dan kayu manis.

Sinom

Buat yang belum tahu, sinom adalah sebutan lain dari daun kunyit yang masih muda. Fungsi sebenarnya membantu proses detoksifikasi. Membuang racun-racun dalam tubuh. Jika racun sudah hilang, kulit pun lebih bersinar. Rasanya hambar, karena itu tak salah bila Anda sedikit membubuhkan gula merah atau gula pasir biasa. Sinom juga sering dijadikan satu dengan ramuan minuman yang lain.

Jamu pahitan

Disebut pahitan karena memang rasanya yang pahit. Terdiri dari sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas. Tambahkan gula merah atau gula batu untuk membuat rasanya sedikit netral. Biasanya orang menutup hidung saat minum agar tahan dengan baunya. Meskipun pahit, manfaatnya sangat terasa. Yaitu efektif melancarkan peredaran darah, menghilangkan bau, mencegah jerawat dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Jamu bersih darah

Merupakan perpaduan antara temulawak, temu ireng, daun ayang-ayang, akar alang-alang, pegagan, kayu pulai dan daun bidara laut. Rebus semua bahan dan minum dua kali sehari. Jerawat, bisul, alergi, dan bercak hitam di kulit dijamin akan pergi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments