0911

Lenyapkan Bau di Kulkas dengan Bahan Alami

Sebagai tempat tertutup yang menyimpan aneka makanan, wajar bila kulkas sering berbau tak sedap. Namun meski ini adalah masalah klasik yang sering dihadapi hampir setiap rumah tangga, bau tak sedap bisa sangat mengganggu. Terlebih saat pendingin kulkas tak bekerja maksimal, segala bau serasa bercampur jadi satu.

Bau tak sedap menandakan adanya bakteri yang berkembang. Keadaan ini bisa menjadi sumber penyakit. Karena kulkas adalah tempat menyimpan makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi.

Memang, ada banyak penghilang bau buatan yang dijual di pasaran. Namun mungkin Anda sedikit khawatir bila produk tersebut meninggalkan efek pada makanan. Sebagai alternatif, gunakan bahan-bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bau tak enak di kulkas. Mudah didapat, murah, dan tidak meninggalkan efek yang tak diinginkan.

Baking soda

Baking soda bukan hanya dibutuhkan untuk membuat kue, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau di kulkas. Tinggal taruh dalam wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Tutup pintu dan bau akan pergi dengan sendirinya.

Vanili

Harumnya vanili mampu menandingi baunya kulkas. Caranya, basahi kapas dengan ekstrak vanili yang sudah dicairkan. Selanjutnya kapas dimasukkan ke dalam kulkas. Tunggu hingga 12 jam, baru bau segar akan tercium. Agak lama efeknya, tapi sebanding dengan khasiatnya.

Bubuk kopi

Wangi kopi bisa membuat Anda jadi semangat, dan menghilangkan bau di kulkas. Bubuk kopi dapat menyerap bau tak enak yang beterbangan di udara dalam kulkas. Pilih bubuk kopi hitam dan masih murni agar hasilnya maksimal, dibanding dengan bubuk kopi instan. Tak perlu diseduh dengan air, cukup letakkan bubuk kopi ke dalam wadah terbuka atau gelas dan tutup pintu kulkas. Jangan khawatir kulkas akan didominasi bau kopi, lama kelamaan bau akan netral secara alami.

Lemon dan jeruk nipis

Aroma segar dari jenis citrus memang memberi rasa menenangkan. Berguna pula untuk mengimbangi bau tak sedap yang tercium dari kulkas. Anda bisa memerah cairan lemon dan jeruk nipis, lalu letakkan diantara rak kulkas atau freezer. Tapi bila ingin lebih praktis, potong saja menjadi irisan-irisan, dan aroma segar akan menyebar ke seluruh ruangan di kulkas.

Cuka dan garam

Cuka dan garam juga mempunyai fungsi lebih. Bila bahan-bahan sebelumnya cukup diletakkan, cuka dan garam membantu menghilangkan bau dengan cara digosok-gosokkan ke dinding kulkas. Untuk cuka, campurkan dengan air hangat di dalam baskom. Gosokkan campuran tersebut untuk membersihkan dinding kulkas secara perlahan dan berulang. Gunakan kain lap yang bersih dan sarung tangan jika diperlukan.

Pilih garam halus untuk cara yang sama. Anda bisa melarutkan garam dengan air hangat. Ambil spons yang halus dan gosok-gosok ke dinding kulkas. Hasilnya, kotoran di dinding kulkas menghilang dan bau tak sedap pun lenyap.

Arang

Arang atau karbon aktif juga menunjukkan kebolehannya mengurangi bau di kulkas. Agar tak meninggalkan noda hitam, letakkan dalam wadah. Setting suhu kulkas ke arah paling minimum dan tutup pintunya selama 3 hari. Dijamin bau tak sedap ogah kembali lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments