0611

Menangkap Peluang Manis dari Bisnis Makanan Sehat

Makanan sehat bukan hanya kebutuhan, namun telah menjadi tren gaya hidup. Ketimbang hanya menjadi konsumen, manfaatkan tren ini dengan beralih sebagai produsen. Apalagi kesadaran masyarakat untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat semakin tinggi. Anda bisa meraih laba sekaligus memfasilitasi orang untuk hidup lebih sehat.

Bisnis makanan sehat memang agak unik, butuh persiapan dan pengetahuan khusus dibanding dunia kuliner kebanyakan. Tapi jangan sampai hal ini membuat Anda jeri. Anda bisa mendapat banyak pengetahuan mengenai makanan sehat dari berbagai sumber.

Selain menyiasati harga makanan sehat yang memang cenderung dibanderol dengan harga tinggi, pikirkan pula hal lain yang dijamin akan bikin usaha Anda laris manis.

Sehat dan tetap enak

Berikan jaminan rasanya tetap enak di lidah. Sebab makanan sehat identik dengan rasa yang hambar dan tidak mengundang selera. Sedangkan, umumnya orang tetap ingin makan enak. Untuk itu, Anda harus meningkatkan keterampilan memasak dengan meramu beberapa bumbu. Atau Anda bisa mulai dengan bahan-bahan yang segar, dan sayuran atau buah organik. Anda bisa mengolah pizza misalnya, menjadi makanan yang sehat dari roti berbahan tepung gandum dan topping yang sehat. Untuk itu, Anda harus cerdik dalam berkreasi.

Unik

Ambil celah peluang yang belum banyak dilirik orang. Bangun brand makanan sehat Anda dengan kemasan yang unik. Misalnya, mengemasnya dalam jar yang praktis dibawa-bawa. Atau membuat camilan sehat yang mudah diselipkan di saku atau tas kecil.

Punya mitra yang handal

Bila tak bisa memasak sendiri, gaet koki yang punya satu misi dan visi dengan Anda. Bagaimana mengolah makanan tanpa nutrisi jadi hilang, waktu memasak cepat, dan memakai bahan-bahan yang sehat. Dari tangannya lah akan terhidang sajian yang akan disantap konsumen.

Temukan penyalur atau distributor bahan makanan organik yang enak diajak kerjasama. Minta untuk menyediakan sayuran dan bumbu dengan kualitas premium. Pastikan stok yang dimiliki cukup agar Anda tak kebingungan saat pesanan mulai berdatangan dari pelanggan.

Cepat sampai ke tangan konsumen

Untuk menjaga kesegaran, usahakan makanan cepat sampai di tangan konsumen dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu. Anda bisa menjalin kontak dengan jasa pengiriman barang secara ekspres atau ojek online bagi pengiriman area dalam kota.

Sebagai tahap pengenalan, tak rugi bila Anda mencoba untuk menjajakan di area car free day. Tinggal gelar lapak yang dekat dengan orang yang sedang berolahraga, misalnya. Atau lakukan kerjasama dengan beberapa pusat kebugaran. Umumnya, pusat kebugaran yang besar memiliki kafe kecil yang menyediakan makanan sehat. Anda bisa mencoba bekerja sama untuk memasok makanan sehat di sana.

Lihat tren diet

Pasang mata dan telinga lebar-lebar terhadap tren diet yang sedang banyak dianut orang. Misalnya, saat ini sedang tren diet ketogenic. Anda bisa menyediakan katering untuk penganut diet tersebut. Masalah utama orang yang berdiet biasanya adalah keterbatasan waktu untuk menyiapkan makanan yang menunjang diet mereka. Posisikan diri Anda sebagai jalan keluar bagi permasalahan mereka. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments