0511

Strategi Mendapatkan Pelayanan Terbaik dari Hotel

Bila hotel menjadi pilihan akomodasi Anda saat liburan, Anda perlu mencermati beberapa hal sebelum memesan kamar. Umumnya hotel-hotel memiliki standar operasional yang relatif sama. Karena itu, ada hal-hal umum yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Urusan memilih hotel tidak sebatas menyesuaikan bujet yang kita punya. Buat sebagian orang, hotel bukan sekadar tempat transit dan melepas penat. Setiap orang memiliki alasan tertentu dalam memilih suatu hotel. Mulai dari nilai sejarahnya, dekorasi, fasilitas, daya tarik pemandangan dari kamar, dan lainnya. Ada pula orang yang memilih hotel karena kokinya andal memasak. Bahkan kadang orang berlibur hanya untuk tidur di hotel.

Apapun alasan Anda dalam memilih hotel, Anda tentu ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal. Agar Anda mendapat manfaat maksimal dari sebuah hotel, lakukan strategi ini.

Pentingnya momen

Jika Anda berlibur untuk memperingati momen tertentu, misalnya ulang tahun perkawinan, ulang tahun, bulan madu, atau momen spesial lainnya, sebutkan momen atau alasan Anda berlibur ketika melakukan reservasi. Siapa tahu hotel punya kejutan untuk Anda dan keluarga. Jika perlu ajukan permintaan khusus agar hotel mempersiapkan.

Lokasi strategis

Kadang hotel kurang tepat dalam mencantumkan jarak antara hotel dengan tempat menarik atau toko terdekat. Untuk memastikan, Anda bisa mengecek jarak hotel ke lokasi-lokasi tersebut lewat aplikasi di ponsel atau dengan mengetik di mesin pencari internet.

Perhatikan pula tujuan Anda dalam memilih hotel. Jika menyukai tempat yang tenang, Anda bisa mencari hotel di pinggiran kota. Bila ingin mudah pergi ke tempat keramaian ambil opsi hotel yang berada d tengah kota. Atau ingin cepat-cepat beristirahat karena perjalanan panjang, coba amati hotel-hotel yang ada di sekitar bandara dan stasiun.

Fasilitas yang membuat nyaman

Tanyakan semua hal secara detail yang Anda butuhkan. Ketersediaan air panas, bath up, laundry, menu sarapan, penambahan biaya parkir, pemandangan yang bisa dinikmati dari kamar, kolam renang anak, spa, gym, bantuan mobil antar jemput, dan sebagainya. Tanyakan pula apakah ada penambahan biaya selama Anda menginap di sana yang belum disebutkan dalam daftar. Ini untuk mencegah anggaran liburan Anda bocor.

Anda juga harus siap-siap jika ternyata kamar tak sesuai pesanan. Musim liburan kadang membuat hotel penuh dan pihak hotel lupa mengabarkan bahwa kamar yang Anda inginkan penuh. Anda mendambakan kasur berukuran king, tapi disediakan kamar dengan tempat tidur twin. Bila ini terjadi, mintalah kompensasi.

Ramah pada staf

Senyum dan sapaan hangat kepada staf hotel akan memberikan dampak positif pada Anda. Terutama pada staf hotel yang mengurus keperluan sehari-hari para tamu. Saat check in, senyum dan sapa petugas dengan ramah. Saat berjalan di koridor, sapa ringan petugas kebersihan yang bertemu dengan Anda. Percayalah, hal sederhana tersebut akan membuat Anda mendapat pelayanan yang lebih ramah lagi.

Apakah direkomendasikan?

Situs perjalanan atau blog traveller banyak yang mengulas hotel secara lengkap. Anda bisa membandingkan komentar yang satu dengan yang lain agar tak salah pilih. Ingin menikmati hotel bintang lima atau yang bernuansa eksotis jadi mudah Anda putuskan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments