0211

Membuat Meja Makan Jadi Sarana Cetak Anak Unggul

Mau bentuknya bulat atau persegi, meja makan bisa Anda jadikan alat untuk membuat anak lebih unggul. Asalkan Anda tahu bagaimana cara memanfaatkan meja makan dengan maksimal. Artinya, bukan hanya sebagai tempat menaruh atau mengambil makanan.

Coba Anda ingat-ingat, tiga bulan terakhir ini, berapa kali Anda sekeluarga makan bersama di meja makan? Setiap hari sekali? Wah, bagus sekali. Penulis buku Eating Together, Alice Julier menilai, kegiatan makan bersama dapat memengaruhi perspektif dan menimbulkan rasa hormat satu sama lain. Artinya, ikatan antar anggota keluarga seperti orang tua dan anak menjadi hangat. Ikatan yang hangat tersebut akan memengaruhi banyak hal.

Nah, kalau Anda merasa sudah lama tidak makan bersama keluarga di meja makan, cobalah mulai membiasakannya. Meski anak-anak sudah besar dan memiliki kesibukan sendiri, mintalah mereka untuk meluangkan waktu setidaknya dua hari sekali untuk makan bersama di rumah. Orang tua dan anak akan menuai manfaatnya.

Menciptakan bonding 

Dialog yang dilakukan selama makan bersama di meja makan bermanfaat untuk mempererat hubungan dalam keluarga. Masing-masing anggota dapat bercerita aktivitas yang mereka kerjakan dan berefleksi bersama. Ayah dan ibu dapat memberikan saran saat anak berkonflik dengan temannya. Atau saat mendengar canda tawa dari anak, beban kerja di kantor serasa hilang begitu saja.

Dalam kesempatan emas seperti ini, berikan konsentrasi sepenuhnya pada kegiatan ini. Tidak dibarengi dengan memegang gawai atau menonton televisi. Lebih baik sambil mendengarkan alunan musik klasik atau instrumental, agar suasana makan lebih menyenangkan. Ikatan dalam keluarga pun tercipta hangat dan menenteramkan.

Sehat dan hemat

Umumnya makanan yang disajikan di rumah lebih sehat dan higienis karena dimasak sendiri. Kebutuhan nutrisi anak lebih terjamin, begitu pula nutrisi Anda. Di sisi lain, anak terbiasa untuk mengonsumsi makanan di rumah. Hal ini bisa meminimalisir kebiasaan makan atau jajan di luar. Orang tua pun senang karena masak di rumah cenderung tidak banyak menghabiskan pengeluaran seperti membeli makanan dari luar.

Belajar table manner

Tata cara makan di meja makan sangat penting diketahui semua orang, tak terkecuali anak-anak. Kelak saat anak harus berada di acara lain dan bersantap bersama orang lain, anak sudah mengerti bagaimana seharusnya bersikap sopan. Mulai dari memegang sendok dan garpu, tidak mengeluarkan suara saat mengunyah makanan, mengambil makanan sesuai porsinya sehingga tidak ada yang terbuang, dan tertib antre dengan yang lain. Hal yang sangat baik untuk membentuk kepribadiannya dan tentunya mendapat nilai positif dari orang lain.

Anak lebih berprestasi

Rutinitas setiap hari dari meja makan mampu mempengaruhi mentalitas si anak. Anak merasa menemukan dukungan dan membentuk perilaku normal (positif) dalam pergaulan. Anak yang suka makan bersama keluarga juga cenderung meraih prestasi akademik yang lebih baik. Mengapa demikian? Sebab pikiran yang tenang mampu membuat anak lebih fokus dalam studi. Momen makan bersama adalah momen berharga, kenangan manis yang akan membekas selamanya. Jadikan ini sebagai agenda wajib harian Anda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments