3110

Kiat Mengerek Laba Berdagang Online

Bisnis online memang menggiurkan. Bermodal jaringan internet, Anda bisa meraup pundi-pundi rupiah dari rumah. Tapi kadang harapan tak seperti kenyataan. Dagangan sepi tanpa peminat. Kalau ini terjadi, apa yang harus Anda lakukan?

Jangan patah semangat dulu. Tantangan dan risiko dalam usaha tetap harus dihadapi. Menaikkan keuntungan bisnis online memang butuh langkah khusus.

Kenali masalah-masalah yang dihadapi dan lanjutkan dengan menyusun strategi baru. Sadari sejak awal apa yang tidak beres dalam proses penjualan sehingga membuat calon pembeli tidak tertarik. Jadi, ketimbang diam menunggu peruntungan, jemputlah bola terlebih dulu.

Pangkas masalah internal

Kadang masalah utama terletak pada urusan internal. Biasanya berhubungan dengan administrasi yang berbelit, tidak kompaknya tim, pencatatan keuangan yang tidak rapi sehingga merugi, kualitas produk yang buruk, pemasok bahan yang kurang, sasaran konsumen yang tidak jelas, tidak adanya target penjualan, dan produk yang itu-itu saja alias tak ada inovasi. Tandai sumber masalah dan segera cari solusi untuk mengatasinya.

Memudahkan pembeli

Pembeli adalah raja, slogan yang harus Anda ingat selalu. Maka mudahkanlah segala urusan pembeli jika ingin bertransaksi di lapak Anda. Tampilkan gambar produk semenarik mungkin dan cara belanja yang ringkas. Tawarkan alat pembayaran yang jamak digunakan. Berikan jaminan atau garansi jika produk mengalami kerusakan. Kepuasan konsumen juga bisa dirasakan dari lama tidaknya barang sampai di tangan, tanpa cacat tentunya.

Komunikasi santun di media

Gunakan bahasa yang santun dan ramah kepada tiap pembeli. Tak salah bila ingin menggunakan bahasa gaul, tapi tetap perhatikan etika. Segera balas pesan yang masuk dari calon pembeli, biarpun itu hanya sekadar bertanya. Siapa tahu di kesempatan berikutnya mereka jadi tertarik berbelanja.

Bila ada pelanggan mengajukan keluhan, berikan respon secepatnya. Akui bila memang kesalahan merupakan tanggung jawab Anda. Minta maaf secara terbuka akan memberi nilai plus pada toko online Anda. Sebaliknya, sikap defence hanya akan membuat pembeli anti membeli lagi.

Bangun citra yang positif di lini masa media sosial dan situs. Ketimbang menyerang dan menjelek-jelekkan produk saingan, lebih baik unggulkan saja produk yang Anda punya. Tampillah percaya diri dengan kualitas produk yang dijual. Selain Anda tampak profesional, pembeli juga menilai bahwa produk Anda bukan produk abal-abal.

Cari pasar baru

Masih sepi-sepi saja? Sepertinya Anda perlu mencari pasar baru. Bila sebelumnya sasarannya hanya untuk orang tua, kenalkan produk yang bisa digunakan untuk remaja dan anak-anak. Bila peminat produk mayoritas dari kalangan menengah ke bawah, turunkan harga. Kalau perlu ganti produk yang sekiranya lebih diminati khalayak ramai. Tawarkan saja diskon dan promo dengan ketentuan tertentu. Laba memang urusan yang tak mudah ditebak, tapi bisa dikejar jika mau berusaha. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

FOLLOW INSTAGRAM @ETALASEBINTARO

Comments

comments