2610

Perhatikan Ini Sebelum Meletakkan Tanaman dalam Rumah

Berkebun tidak hanya di lahan terbuka. Di dalam rumah pun, Anda bisa mengoleksi tanaman. Selain membuat rumah makin cantik, tanaman juga bikin Anda tambah sehat. Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan tanaman mana yang sebaiknya ada dalam rumah.

Tim peneliti dari National Aeronautics and Space Administrations (NASA), Amerika, mengungkap fakta bahwa tanaman di dalam rumah mampu menyaring atau menyerap zat-zat polutan yang beterbangan bebas. Sehingga udara di dalam rumah menjadi bersih dan tidak pengap. Manfaat yang sama juga bisa dirasakan bila Anda mempraktekkan di bangunan yang lain, seperti kantor atau toko.

Namun tidak semua tanaman cocok diletakkan dalam rumah. Inilah beberapa hal yang pelu Anda perhatikan.

Pilih tanaman

Ada banyak jenis tanaman yang cocok untuk di dalam rumah. Seperti bunga krisan, lidah mertua, tanaman hias laba-laba, boston verns, tanaman payung, bamboo palm, bunga lili, daun basil, aneka anggrek, dan masih banyak lagi. Beberapa tanaman luar ruang bisa saja Anda jadikan tanaman dalam rumah, namun tanaman perlu beradaptasi. Namun bantu tanaman dengan sarana yang biasa ada di alam bebas, seperti air, cahaya, kelembapan udara, dan pupuk.

Tidak harus tanaman hias, tanaman obat pun tak masalah bila ingin diletakkan di dalam ruangan. Malah sekaligus dapat berperan sebagai apotek hidup. Sebut saja sirih merah, lidah buaya, sereh, serta jenis umbi-umbian. Untuk tanaman berdaun runcing atau punya duri seperti lidah buaya, posisikan agar tidak membahayakan orang lain.

Nilai estetika

Pilih tanaman sesuai selera untuk menambah semangat hari-hari Anda. Warna, bentuk, dan karakteristik tanaman bisa dipadupadankan dengan suasana ruangan.

Agar ruangan tampak lebih hidup, tak perlu ragu menyandingkan tanaman yang berwarna kontras dengan warna dinding atau meja. Baik di ruang tamu, kamar tidur, ruang baca, dapur sekaligus meja makan. Bahkan kamar mandi bisa Anda percantik dengan tanaman.

Nuansa kantor juga lebih menyenangkan dengan hadirnya tanaman. Warna hijau dan bau khas yang dimililiki tanaman bisa jadi obat lelah untuk mata dan penghilang stres. Beban kerja pun terasa ringan.

Di sisi lain, Anda perlu memperhatikan faktor ukuran tanaman. Jika mendominasi, justru ruangan  akan terasa sempit. Pot dengan bentuk tinggi dan besar baiknya diletakkan di pojok ruangan. Sedang vas-vas kecil menarik diletakkan di tepi jendela, tengah meja, atau rak khusus yang menempel di dinding.  Di dapur misalnya, tanaman bisa diletakkan di dalam pot dan gantungkan di dinding atas tempat cuci piring. Jadi tidak terkesan hanya tempat piring kotor. Ruangan di rumah sempit? Pilih model taman vertikal.

Khasiat

Mayoritas tanaman yang telah disebutkan tadi punya efek positif untuk tubuh, yaitu menyerap zat polutan yang beredar di udara. Bunga krisan disebut-sebut sebagai penyerap polusi yang paling baik. Terbukti mengurangi benzena, amonia, formalin, dan xylene, zat beracun yang dalam jangka panjang memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh. Begitu pula dengan lidah buaya dan yang lainnya. Sebagian orang malah punya mitos, tanaman dalam rumah mampu memengaruhi gairah cinta, faktor keberuntungan alias hoki, sampai urusan kelancaran rejeki. Selamat berkebun! (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

FOLLOW INSTAGRAM @ETALASEBINTARO

Comments

comments