2410

Rahasia Meraup Ratusan Juta dari Bisnis Online

Bila dipersiapkan dengan matang, bisnis online bisa memberi penghasilan yang fantastis. Nepi Arianto, warga Ciledug, distributor mukena merk Poeti dan Tatuis, contohnya. Bisnis mukenanya bisa beromset ratusan juta rupiah per bulan. Tergiur? Cari tahu kiat sukses Nepi.

Dalam sebulan, omset yang diraih Nepi minimal Rp 200 juta. Kala ramai pembeli, Nepi bisa mendapatkan 400-700 juta rupiah sebulan. “Mencari segmented targeted market dan fokus di jalur distributor jual grosir,” terang Nepi menjelaskan rahasianya menjalankan bisnis mukena. Dengan dibantu hanya 5 karyawan, Nepi juga berkreasi menawarkan promosi dan diskon agar dagangannya terus dilirik konsumen.

Bila Anda juga ingin berbisnis online, matangkan rencana dan perhatikan beberapa poin penting yang disarankan Nepi.

Produk dan sasaran market

Pilihlah produk yang sekiranya memang dibutuhkan oleh orang lain, atau sedang hits. Bisa hasil kreasi Anda sendiri atau menjadi penyalur barang seperti Nepi. Pastikan stok atau ketersediaan barang terjamin aman. Sebagai awal, cukup satu atau dua produk yang menjadi fokus. Misalnya kopi, baju anak, atau sepatu unik. Tentukan harga sesuai dengan kualitas dan biaya produksi agar Anda tak merugi.

Media pemasaran

Agar makin banyak orang tahu produk Anda, pilih media yang sekiranya bakal ramai dikunjungi. Anda bisa bergabung sebagai merchant di beberapa toko online yang sudah besar, atau memilih untuk memasarkan lewat akun pribadi facebook dan instagram. Gambarkan keunggulan produk dengan kata-kata yang menarik.

Lakukan promosi secukupnya, jangan mengunggah di akun orang lain tanpa ijin. Tindakan ini justru akan membuat orang lain tidak tertarik. Jangankan membeli, sekadar melihat-lihat pun orang enggan, karena sudah telanjur antipati dengan Anda.

Memilih untuk membuat situs sendiri juga merupakan opsi yang baik. Desain situs dengan gambar menarik, tidak membuat capek mata saat melihat, memudahkan, serta tidak membingungkan konsumen yang akan berbelanja.

Akun transaksi

Anda harus punya akun transaksi yang jelas, nomor rekening, dan sistem pembayaran yang bisa ditempuh konsumen. Transfer langsung ke rekening atau bayar ketika barang sampai (COD) bisa Anda tawarkan ke pelanggan. Sebaiknya akun transaksi toko online terpisah dengan akun keuangan pribadi agar tidak menyulitkan catatan pembukuan. Rapikan secara berkala aliran uang yang masuk dan keluar. Langkah ini juga mengantisipasi apabila terjadi kerugian, tabungan pribadi Anda tetap aman.

Kreatif dan inovatif

Jelas Anda harus kreatif dan inovatif agar mampu bersaing dengan penjual yang lain. Tawarkan harga yang kompetitif dengan kualitas premium. Berikan diskon saat bertepatan dengan momen tertentu, seperti menjelang tahun baru dan lebaran. Agar tak monoton, hadirkan barang-barang dengan desain yang baru.

Jalin relasi yang baik dengan pihak ekspedisi untuk memperpendek waktu pengiriman. Untuk dalam kota, Anda bisa memanfaatkan ojek online agar barang bisa sampai dalam satu hari. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments