2310

Etika Kerja di Coworking Space

Ketika berada di sebuah tempat di mana banyak orang berkegiatan bersama, di situ selalu ada aturan tak tertulis yang sebaiknya Anda patuhi. Tak terkecuali saat Anda memilih coworking space sebagai tempat bekerja. Selain Anda, ada orang lain yang menggunakan ruang tersebut untuk bekerja, karena itu sebaiknya Anda perlu tahu etika ketika berada di sana.

Meski terkesan santai dan leluasa, namun bukan berarti Anda bebas melakukan apa saja. Ingat, memang Anda di sana mengerjakan tugas secara individu, tapi ruang tersebut digunakan bersama-sama. Jadi setelah Anda melakukan reservasi, lakukan hal berikut agar tak salah langkah dan tetap profesional.

Rapi di meja kerja

Karena rata-rata desain meja menyatu dengan meja pengguna yang lain, maka Anda harus tahu batasan penggunaannya. Buatlah garis imajiner (bayangan) agar tak melebihi wilayah meja yang Anda sewa. Atur barang bawaan agar tidak berantakan. Seperti charger laptop dan pernak pernik yang Anda bawa. Gunakan stop kontak di meja seperlunya agar bisa segera digunakan orang lain. Usahakan tetap duduk di kursi yang telah disediakan untuk Anda, meski banyak kursi yang kosong.

Jaga kebersihan

Untuk kenyamanan bersama, segera singkirkan tisu bekas pakai atau robekan kertas yang tidak perlu. Buang sampah di tempat khusus, jangan di bawah meja. Agar tidak bau, taruh kembali gelas dan piring makan Anda ke bagian pantry. Kebersihan di bagian pantry juga menjadi tanggung jawab bersama. Pastikan pantry tetap bersih setelah Anda selesai menyeduh teh atau kopi. Begitu pula dengan papan tulis yang disediakan. Hapus tulisan setelah selesai digunakan, agar pengguna berikutnya tidak kerepotan.

Gunakan fasilitas secukupnya

Beberapa coworking space menyediakan printer, kertas, dan alat menulis lainnya. Walau gratis alias tak perlu mengeluarkan isi dompet lagi, gunakan seperlunya saja. Cek hasil kerja sebelum dicetak agar tak menghabiskan kertas dan tinta. Tindakan ini juga sekaligus mendukung dan menjadi bagian dari gerakan cinta lingkungan.

Waktu mengobrol dan kenalan

Tak ada salahnya menerima telepon, tapi ada etikanya. Bicaralah dengan suara yang cukup didengar. Bila memerlukan waktu lama untuk mengobrol, segera keluar dan pilih ruangan lain yang lebih bebas. Telepon genggam bisa tetap aktif tapi atur nada deringnya. Sebagai hiburan, dengarkan musik kesayangan lewat headset dan bergoyanglah seperlunya.

Anda ingin kenalan dengan pengunjung yang lain? Boleh dong. Tapi syaratnya, pilihlah waktu yang tepat. Agar tak mengganggu konsentrasi, Anda bisa mencoba saat mereka sedang rileks atau istirahat makan. Pastikan mereka sedang memiliki waktu luang dan tidak sedang serius bekerja. Jangan sampai lawan bicara merasa tak nyaman dan enggan melanjutkan komunikasi. Terlihat sepele, tapi bisa memengaruhi kesan pertama pada diri Anda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments