2010

Manfaat Minyak Zaitun yang Jarang Diketahui

Salah satu minyak yang terkenal karena manfaat sehatnya adalah minyak zaitun (olive oil). Minyak zaitun juga jadi favorit para chef untuk menumis atau meramu masakan, karena gurih dan wangi. Berbagai penelitian pun seolah tak ada habisnya membuktikan manfaatnya. Inilah beberapa fakta baru soal minyak zaitun yang tak semua orang tahu.

Baru-baru ini peneliti di Universitas Edinburgh, Inggris, menemukan, asam omelat yang ada dalam kandungan minyak zaitun mampu mencegah timbulnya kanker otak. Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi untuk kesekian kalinya minyak zaitun terbukti efektif dalam berurusan dengan kanker. Peneliti lain dari Universitas Temple, Philadelphia, Amerika Serikat, juga mengungkap temuan baru. Minyak zaitun dapat melindungi daya ingat, kemampuan belajar, daya kognitif yang berhubungan erat dengan munculnya penyakit alzheimer.

Namun sebelum mengonsumsi minyak zaitun, kenali dan perhatikan hal-hal ini.

Jenis dan variasi

Ada beberapa jenis minyak zaitun. Jenis extra virgin didapat dari perasan pertama buahnya dan kadar keasaman hanya satu persen. Inilah jenis yang paling bagus, tapi juga paling mahal. Sedang jenis virgin berasal dari perasan pertama pula, tetapi kandungan asamnya tiga persen. Ada juga jenis fino, yang merupakan campuran antara extra virgin dan virgin. Jenis lainnya pure dan light, dimana setelah melalui berbagai proses pengolahan warnanya berubah. Semuanya aman digunakan untuk memasak, kecuali extra virgin, kandungan nutrisinya hilang bila terkena panas. Bila Anda menemukan jenis lampante, jangan dikonsumsi, karena hanya cocok untuk bahan bakar.

Cara penyimpanan

Saat membeli pilih kemasan dengan botol berwarna gelap. Sebab cahaya dapat merusak kandungan minyak zaitun. Begitu pula saat di rumah, jauhkan dari sinar lampu atau matahari langsung. Anda bisa menyimpan minyak zaitun di lemari pendingin. Tak usah khawatir bila terjadi perubahan tekstur pada minyak, karena tak berpengaruh pada kualitas minyak. Kondisi akan kembali seperti semula setelah minyak berada pada suhu ruangan. Konsumsi minyak dalam waktu enam bulan sejak botol dibuka. Lebih cepat lagi lebih baik, sebab antioksidan di dalam minyak cepat turun setelah disimpan selama setahun.

Dampak untuk organ dalam

Selain mencegah kanker otak seperti yang telah disebutkan tadi, kaum hawa akan sangat diuntungkan karena terbukti pula menangkal kanker payudara dan ovarium. Minyak zaitun juga berperan penting menurunkan kadar kolesterol dalam darah, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan konstipasi. Penyakit kulit dan migrain juga teratasi berkat kehadiran minyak satu ini.

Untuk mengonsumsinya, paling sehat meniru makanan ala Mediterania. Dicipratkan langsung pada salad, misalnya. Tapi bila ingin meminum satu sendok tiap hari juga sah-sah saja. Bagi Anda yang sedang hamil, menyusui, diabetes dan habis menjalani operasi, konsultasilah lebih dulu ke dokter.

Merawat kulit dan rambut

Tak hanya untuk kesehatan, minyak zaitun juga bikin cantik rambut dan kulit. Oleskan saja pada rambut beberapa saat sebelum keramas. Akar rambut tambah kuat dan tidak kering. Pakai saja untuk masker, membersihkan make up, dan melembapkan kaki dan tangan. Kulit jadi tak cepat keriput, sehat terawat. Masih ragu dengan minyak zaitun? (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments