1510

Kiat Mengabadikan Liburan ke dalam Tulisan

Berbagi pengalaman liburan tak hanya bisa lewat foto. Tulisan tentang liburan pun dapat menggelitik rasa penasaran orang untuk datang ke tempat liburan Anda. Apalagi bila “coretan” Anda tersebut cukup baik, artinya, bisa memenuhi standar untuk dipublikasikan di media massa. Bukan hanya bangga, siapa tahu Anda pun bisa mendapat tambahan uang jajan.

Tak pede karena merasa tak memiliki bakat menulis? Tak usah takut. EBIN akan beri tip-tip simpel bagaimana membuat tulisan liburan yang cihui.

Sebelum berangkat

Persiapan matang akan mempermudah kegiatan penulisan Anda. Ini yang bisa Anda lakukan.

  • Kumpulkan informasi yang berhubungan dengan tempat liburan sebanyak mungkin. Cari hal-hal unik yang jarang diketahui orang.
  • Pelajari tulisan atau informasi pariwisata mengenai tempat liburan Anda. Siapa tahu ada topik baru dari tulisan tersebut yang bisa Anda kembangkan.
  • Buat jadwal perjalanan. Dengan menuliskan jadwal perjalanan, Anda punya gambaran topik apa saja yang akan ditulis.
  • Mulai mencari kontak lokal. Mereka adalah sumber informasi dan juga akan sangat membantu Anda ketika mencari bahan penulisan.
  • Persiapkan alat-alat yang bisa membantu penulisan, seperti buku kecil, alat perekam (bisa gunakan ponsel pintar Anda).

Di tempat liburan

Setelah tiba di tempat liburan, inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

  • Bertanyalah kepada teman atau warga lokal mengenai hal apa saja yang menarik tapi belum banyak dikunjungi atau ditulis orang. Kadang, sekadar mengobrol santai dengan penjaja makanan di kaki lima bisa mendatangkan inspirasi menulis.
  • Jangan terlalu kaku dengan jadwal liburan yang telah Anda buat. Jika ada informasi unik yang baru didapat ketika Anda sudah berada di tempat liburan, Anda sah-sah saja mengubah jadwal.
  • Persiapkan seluruh panca indra Anda untuk merasakan. Rasakan seperti apa hembusan angin di kulit, aroma makanan, aroma daun, suara-suara, warna-warna dan bentuk yang Anda lihat, juga rasa di lidah. Bila ada barang yang bisa disentuh, sentuhlah. Kemudian catat semua yang indra Anda rasakan.

Mulai menulis

Inilah saatnya Anda menuangkan pengalaman Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menulis liburan.

  • Kadang ketika sedang mencari informasi, Anda mendapat banyak data. Data memang perlu untuk memperkaya tulisan. Namun tak perlu memasukkan semua data yang terkumpul. Terlalu banyak data akan membuat tulisan Anda menjadi berat. Ingat, tulisan liburan harus santai. Lebih baik selipkan data yang benar-benar penting di sela-sela cerita saja.
  • Mulailah sebuah tulisan dengan menceritakan aktivitas yang kita lakukan saat mulai liburan. Tak perlu menceritakan kerepotan Anda ketika mencari tiket murah.
  • Fokuslah pada satu kejadian, misalnya ke tempat pembuatan bakpia. Namun ceritakan kejadian tersebut dengan detail. Kejadian lain bisa Anda tuliskan di artikel yang berbeda.
  • Jangan curcol di tulisan Anda. Kecuali hal yang menimpa Anda ada relevansi atau manfaatnya bagi orang yang membaca tulisan Anda. Tak perlu menulis kritik pedas terhadap tempat wisata, hotel, atau penyedia wisata. Lebih baik sampaikan langsung keluh kesah Anda kepada mereka atau orang yang bersangkutan. Yang Anda tulis sebaiknya hanya saran bagaimana agar orang lain tak kena hal serupa.
  • Perbanyak memasukkan pendapat pribadi, pengalaman panca indra, dan hal-hal yang menyenangkan saat liburan.

Selamat menulis! [YBI]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments