1010

Makin Mesra dengan Mertua

Mertua galak? Mungkin karena Anda belum tahu jurus meluluhkan hatinya. Hubungan menantu dan mertua memang bisa manis pedas. Tetapi bukan berarti tak bisa dibuat indah. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar hubungan dengan mertua bisa manis dan manis.

Jangankan dengan mertua, dengan orang tua sendiri pun Anda pasti kerap memiliki masalah. Memang persoalan selalu ada dalam tiap keluarga. Jadi, daripada hubungan dengan mertua kurang harmonis karena satu masalah, lebih baik fokus pada pokok masalah dan jalan keluarnya.

Berikut adalah jurus jitu menjalin hubungan yang harmonis antara menantu dan mertua.

Menerima perbedaan

Menantu dan mertua tentu dua pribadi yang berbeda. Akan semakin terlihat bila keduanya berasal dari daerah dan budaya yang tidak sama. Dengan menerima perbedaan, Anda akan lebih mampu memahami karakter dari mertua. Sehingga ketika terjadi perselisihan, Anda sudah tahu bagaimana menyelesaikannya dengan lebih baik.

Memaklumi kecerewetan

Orang tua memang terkenal dengan kecerewetannya. Tak perlu Anda pusingkan. Anggap saja itu sebagai tanda sayang. Bisa jadi mereka cerewet karena sudah menganggap Anda sebagai anak sendiri, sehingga perlu diajari dan diberi tahu. Kadang memang orang tua tak ingin kehilangan perannya sebagai pendidik meskipun anak-anaknya sudah menikah. Ada pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Jadi, Anda bisa memanfaatkan “kecerewetan” ini sebagai ajang pembelajaran untuk membangun rumah tangga yang lebih baik.

Sesekali memberi hadiah

Hadiah tak selalu berkaitan dengan materi semata. Jika Anda memang mampu, sesekali menghadiahi mertua tas baru atau tiket jalan-jalan ke luar negeri tak masalah. Tetapi bila dana Anda terbatas, membawakan martabak favoritnya, atau kue jaman dulu yang memiliki nilai nostalgia, juga merupakan sebuah hadiah. Sama sekali tak punya uang? Temani mertua menonton acara TV favoritnya.

Habiskan waktu bersama

Sering-seringlah menghabiskan waktu bersama. Jika Anda harus bekerja, setidaknya tiap akhir pekan sediakan waktu untuk makan siang bersama. Belanja dan masak berdua juga bisa menjadi ajang mendekatkan diri satu sama lain. Tanpa harus menunggu musim mudik tiba, sesekali menjenguk mertua di luar kota tentu akan menyenangkan. Dengarkan segala cerita dan keluh kesah mereka, meskipun menurut Anda hanyalah hal sepele. Niscaya, hubungan Anda dan mertua bisa semakin mesra.

Berbicara dari hati ke hati

Tapi adakalanya memang tidak harus Anda melulu yang mengalah. Karena itu Anda harus mengutarakan keinginan Anda agar mertua bisa mengerti. Bila terjadi perselisihan, pilihlah jalan keluar yang terbaik dan rancang kata-kata yang tidak akan membuat saling menyakiti. Andaikan mertua tidak setuju pada pilihan susu anak atau dimana cucunya akan sekolah, ajaklah duduk bersama dan komunikasikan alasan-alasan pilihan Anda. Anda bisa menjelaskan bahwa pilihan tersebut sudah dipikir masak-masak dan merupakan kesepakatan dengan suami (istri). [LAF]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments