0910

Sensasi Co-working Space, Ruang Kerja Tanpa Kantor

Memiliki kantor di sebuah gedung tinggi tak lagi jadi sebuah gengsi. Saat ini, bekerja tak harus terikat oleh tempat. Bekerja bisa dari mana saja, yang penting target dan tenggat waktu terpenuhi. Itulah sebabnya muncul istilah co-working space. Suatu konsep ruang kerja yang dinamis tanpa perlu mengikat waktu Anda.

Bekerja di co-working space bisa lebih efisien, terutama jika Anda pemilik bisnis start-up. Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyewa ruang kantor, plus biaya perawatan gedung dan tetek bengek lain. Apalagi bila tim Anda hanya terdiri dari beberapa orang. Itulah sebabnya, co-working space mulai menjamur.

Survei yang dilakukan Coworkaholic menyebut, saat ini ada 7.800 co-working space di dunia. Untuk dalam negeri, Perkumpulan Coworking Indonesia merilis setidaknya ada 89 co-working space yang tersebar di 19 kota. Di Bintaro juga sudah ada, lho (nantikan liputan kami selanjutnya).

Bila Anda seorang freelancer, punya bisnis start-up, atau ingin menjadi bagian generasi milenial, co-working space memang menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Fasilitas Yang Tersedia

Di coworking space, Anda akan mendapatkan ruang untuk bekerja. Apakah itu hanya sepasang meja dan kursi, atau ruangan tertutup untuk beberapa orang. Tergantung dari kebutuhan Anda. Desain yang ditawarkan rata-rata lebih santai dan nyaman dibanding kantor-kantor yang formal. Jika bosan dengan coworking space yang satu, Anda bisa pindah ke tempat yang lain. Fasilitas wi-fi, printer dan kertas, papan tulis, toilet di tiap lantai juga tersedia. Anda akan semakin nyaman dengan meracik teh dan kopi sendiri di bagian pantry. Bila ada keluhan, tinggal bilang ke petugas yang berjaga di sana.

Harga Terjangkau

Sistem yang ditawarkan adalah sewa. Bisa harian, mingguan, hingga bulanan. Anda tinggal menyesuaikan dengan waktu dan target kerja Anda. Harga sewa bervariasi, ada yang berkisar mulai dari 50 ribu per hari hingga ratusan ribu. Anda tak perlu mengeluarkan jutaan rupiah untuk sewa gedung seperti bila Anda menyewa kantor. Baiknya, Anda menelpon terlebih dulu untuk memastikan pemesanan sebelum datang ke sana.

Menambah Jejaring Bisnis

Keuntungan lainnya adalah Anda akan bertemu dengan banyak orang. Tidak ada salahnya berkenalan dan saling menceritakan pekerjaan masing-masing. Siapa tahu bisa menjadi mitra bisnis. Atau malah Anda mendapat ide bisnis baru. Bonusnya, dari kenalan pula, Anda bisa menerima masukan dan kritik untuk perbaikan ke depan. Jangan lupa, berikan kartu nama dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Bagaimana, menarik bukan? Sekali-kali pergilah ke sana dan rasakan sensasinya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments