0610

Psssttt…..Ini Rahasia Tampak Awet Muda

Umur sudah 40-an, tapi penampilan layaknya masih remaja? Apalagi bila ada yang menuduh Anda adalah kakak dari anak Anda. Wuih, pasti bahagia. Faktor genetik memang berperan untuk membuat orang awet muda. Namun, bukan berarti Anda yang tidak memiliki gen itu tidak bisa awet muda. Ada kunci agar Anda bisa muda lebih lama.

Ya, semua orang tahu bahwa proses penuaan pasti terjadi. Walaupun teknologi kosmetik dan kecantikan berkembang pesat sehingga kulit bisa dibuat terlihat kembali kencang dan awet muda, namun organ-organ dan sel-sel tubuh tak bisa dibohongi. Karena itu, agar Anda awet muda luar dalam, lakukan langkah-langkah ini.

Asupan gizi

Tubuh memerlukan gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Jika fokus Anda adalah tampil lebih awet muda, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin, mineral, dan serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Sumber karbohidrat seperti nasi, roti, atau mi, tetap diperlukan, tetapi komposisinya hanya seperempat porsi makan. Sebaiknya konsumsi makanan yang segar sebanyak mungkin dan hindari makanan yang melalui proses pengolahan panjang seperti makanan kalengan atau makanan dalam kemasan. Hindari terlalu banyak mengonsumsi goreng-gorengan atau makanan yang terlalu manis. Gula berlebih bisa menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga kulit dan tubuh Anda cepat tua.

Jangan lupa, cukupkanlah asupan air putih setiap hari. Klise memang, tapi organ tubuh seperti otak dan kulit memerlukan air untuk bekerja maksimal. Air yang cukup bisa menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan terlihat lebih bersinar.

Gaya hidup

Jangan berharap awet muda bila Anda masih doyan begadang, merokok, atau mengonsumsi alkohol. Ketiga hal tersebut bisa menyebabkan wajah tampak lebih kuyu, kulit kusam, atau mata berkantung dan berkeriput. Memang, kulit yang kuyu bisa disiasati dengan make-up yang tepat. Namun, gaya hidup yang buruk akan mempengaruhi vitalitas tubuh.

Sebaliknya, jika Anda berolahraga rutin, misalnya 20 menit setiap hari, atau melakukan aktivitas fisik yang merangsang keluarnya keringat, daya tahan tubuh pun akan semakin kuat. Tidak hanya itu, metabolisme tubuh akan semakin baik dan peredaran darah pun semakin lancar. Pipi yang merona merah muda dan wajah yang bersinar setelah olahraga, akan membuat Anda jadi seperti remaja yang sedang jatuh cinta.

Perawatan luar

Jika Anda kerap beraktivitas di ruangan dengan penyejuk udara (AC), jangan lupa menggunakan pelembap wajah. Kondisi ruangan ber-AC memang sejuk tetapi bisa membuat kulit cenderung kering. Agar kulit tetap terhidrasi, usahakan untuk selalu mengaplikasikan pelembap untuk wajah dan body lotion untuk seluruh tubuh. Termasuk juga ketika bibir terasa kering, aplikasikan pelembap bibir (lipbalm) untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah.

Saat beraktivitas di luar ruangan atau di bawah terik matahari, aplikasikanlah tabir surya (sunblock). Sekalipun langit mendung. Paparan sinar matahari yang terik dan lama adalah musuh utama kulit. Jika Anda masih muda, efeknya barangkali belum terasa. Namun, saat usia semakin lanjut, efek negatif paparan sinar ultraviolet matahari akan semakin terlihat. Munculnya flek hitam tidak hanya pada wajah, tetapi juga lengan tangan dan tungkai kaki adalah salah satu dampaknya. Jadi, untuk perawatan jangka panjang, sebaiknya jangan lupa aplikasikan tabir surya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments