0510

Trik Jitu Simpan Barang di Apartemen

Beberapa barang yang kita (kira) perlukan dapat membuat hunian mungil, seperti apartemen, jadi terasa makin sempit dan sesak. Padahal dengan sedikit kelihaian, Anda bisa menyimpan barang tersebut tanpa mengorbankan banyak ruang. Caranya juga tidak ribet, kok.

Membeli furnitur yang multifungsi memang berguna untuk hunian mungil. Sayangnya, furnitur multifungsi kadang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Furnitur atau barang tersebut diletakkan begitu saja, sehingga Anda terlihat seperti penumpuk barang. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, ada beberapa poin yang perlu dipegang ketika mengisi dan menata apartemen.

  1. Pemilihan barang.Ketika berbelanja, pastikan Anda benar-benar memilih barang-barang yang dibutuhkan untuk apartemen. Kadang, godaan menggoyahkan prinsip belanja barang. Hanya karena benda-benda berbentuk lucu dan imut, seseorang menjadi terpikat sehingga membeli barang yang belum tentu diperlukan. Misalnya, wadah bumbu dapur berbentuk unik, padahal di apartemen telah tersedia wadah bumbu dapur. Perlu diingat, apartemen bisa menjadi sesak hanya karena alasan sepele seperti kebiasaan mengoleksi pernak-pernik atau membeli sesuatu yang kurang penting.
  2. Batasi bujet.Kerap kali hal yang membuat barang-barang melimpah di apartemen padahal jarang digunakan adalah kebiasaan berbelanja berlebihan atau menumpuk barang. Untuk itu, batasilah bujet ketika akan mengisi rumah. Berbelanjalah barang kebutuhan pengisi apartemen dengan bujet yang telah ditentukan. Perketat komitmen untuk menjaga anggaran agar tidak berubah. Cara ini bisa mengerem pengeluaran yang tidak perlu atau pembelian barang-barang yang kurang dibutuhkan.
  3. Pernak-pernik bisa jadi penghias rumah, asalkan tidak berlebihan.Ketika jumlah pernak-pernik seperti oleh-oleh dari liburan luar negeri melebihi separuh meja, sebaiknya simpan pernak-pernik di wadah khusus. Agar tidak terlupa, gantilah pernak-pernik dari yang dipajang menjadi yang disimpan atau sebaliknya. Suvenir akan tampil cantik jika tidak semrawut atau berlebihan. Anda bisa menata koleksi secukupnya saja atau bergantian sehingga selebihnya bisa disimpan. Cara ini bisa mengakali apartemen yang sempit agar tidak bertambah sempit.
  4. Manfaatkan tiap celah.Ada banyak ruang sisa yang mungkin saja tak kita sadari. Misalnya, bagian atas lemari atau kolong bawah tempat tidur. Tinggal letakkan boks cantik di atas lemari atau bagian bawah tempat tidur. Area ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan sejumlah barang, seperti novel favorit atau sarung bantal dan seprai.
  5. Terang dan bersih.Faktor yang membuat apartemen tampak lapang adalah penerangan yang cukup. Pastikan Anda memasang penerangan yang cukup pada malam hari sehingga semua sudut dalam apartemen lebih terang. Bersihkan apartemen secara rutin hingga ke tiap sudutnya agar apartemen tampak menyenangkan dan bersih. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments