0210

Asuransi Kesehatan, Cegah Bangkrut Saat Sakit

Kesehatan mahal harganya. Tingginya nilai kesehatan akan sangat terasa ketika Anda sakit dan harus mengeluarkan biaya pengobatan yang tak sedikit. Oleh karena itu, kesehatan sangat perlu dilindungi. Bukan hanya dengan menjaga gaya hidup sehat, namun juga dengan asuransi.

Asuransi kesehatan melindungi Anda dari kerugian finansial karena sakit. Selain itu, asuransi kesehatan juga melindungi orang-orang terdekat, atau keluarga Anda, dari kepusingan mencari biaya pengobatan. Sehingga Anda dan keluarga hanya perlu fokus untuk menyembuhkan diri.

Peran pendamping

Kehadiran BPJS Kesehatan, perlindungan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, memang sangat membantu. “BPJS Kesehatan juga meningkatkan kesadaran penduduk akan pentingnya asuransi kesehatan,“ ujar Hengky Djojosantoso, Presiden Direktur Ciputra Life.

Sayangnya, ada beberapa kondisi di mana BPJS Kesehatan saja, kurang dapat menutupi biaya pengobatan. Misalnya, ketika anak Anda sakit dan Anda ingin menemaninya dengan leluasa, sehingga Anda ingin menaikkan kelas ruang perawatan. Atau kasus lain, penyakit Anda perlu tindakan cepat. Sedangkan ketika menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan Anda  harus mengantre cukup lama.

Di sinilah asuransi kesehatan yang dikelola swasta berperan. “Asuransi kesehatan menutup gap tersebut,“ terang Hengky. Begitu pula bila kantor tempat Anda bekerja memberikan penggantian biaya pengobatan dengan limit tertentu. Asuransi kesehatan akan membantu Anda untuk lebih memberikan kenyamanan ketika sakit. Saat sakit tentu Anda ingin tempat perawatan yang lebih nyaman ‘kan.

Oleh karena itu, Hengky menyarankan untuk memilih asuransi kesehatan tambahan yang memiliki fasilitas double klaim. Pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan klaim kesehatan. Misalnya, Anda hanya perlu mengirimkan foto-foto tagihan biaya rumah sakit.

Selain itu, agar premi tidak terlalu tinggi, Anda bisa memilih asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan rawat inap saja. “Karena asuransi kesehatan yang diberikan kantor dan BPJS Kesehatan umumnya sudah dapat menutupi biaya rawat jalan. Berbeda ketika pasien harus menginap di rumah sakit. Biayanya bisa jauh lebih mahal,“ terang Hengky.

Sedini mungkin

Umumnya, semakin muda usia, biaya premi relatif lebih murah. Karena itu sebaiknya Anda mulai mengambil asuransi kesehatan sejak muda. “Begitu Anda bekerja, sebaiknya pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan,“ saran Hengky.

Saat ini Anda bisa dengan mudah membandingkan produk asuransi kesehatan melalui internet. Beberapa produk asuransi kesehatan ada yang memberikan asuransi kesehatan plus investasi. Jadi, tidak hanya membayarkan polis, Anda pun bisa sekaligus berinvestasi. Sebagai contoh, investasi di pasar uang atau saham.

Menurut Hengky, asuransi sekaligus investasi ini hadir untuk menjawab ketidakdisiplinan banyak orang dalam berinvestasi. Dengan satu paket, asuransi kesehatan sekaligus investasi, keuntungan dan kemudahan pun semakin dalam genggaman.

Tetapi bila Anda tipe orang yang disiplin untuk berinvestasi, Anda bisa memilih asuransi kesehatan murni. Karena biaya preminya lebih kecil. Sisa uang, bisa Anda investasikan ke dalam bentuk lain yang sesuai dengan profil risiko Anda. [KUL/YBI]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments