2909

6 Fakta Soal Kolagen yang Perlu Anda Tahu

Kolagen sudah cukup populer di dunia kecantikan. Namanya begitu dipuja, hingga orang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk suntik kolagen. Dengan memiliki cukup kolagen, diharapkan kulit akan tetap kencang dan kenyal. Namun, apakah hanya itu manfaat kolagen?

Sebenarnya, kolagen adalah sejenis protein atau serangkaian asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Tubuh pun secara alami memproduksi kolagen. Akan tetapi semakin lama seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen akan menurun. Produksi alami kolagen juga akan terganggu bila tubuh kerap terpapar polusi, apalagi ditambah dengan gaya hidup buruk.

Lalu apakah kolagen diproduksi tubuh hanya untuk menjaga kecantikan kulit? Tentu saja tidak. Masih banyak manfaat kolagen yang tidak banyak diketahui orang. Inilah beberapa fakta tentang kolagen yang jarang diketahui orang.

Fakta 1. Keseimbangan kolagen mudah dijaga. Sebenarnya Anda tak perlu takut kehilangan kolagen, apalagi mengeluarkan banyak uang untuk mendapat kolagen dari luar. Anda hanya perlu banyak mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya vitamin A dan C, rutin berolahraga, mengelola stres, dan menjaga waktu istirahat tercukupi, serta tinggal di lingkungan yang baik. Sayangnya, banyak dari kita yang bisa jadi tidak mendapatkan kondisi ideal ini.

Fakta 2. Kolagen menguatkan pembuluh darah. Dengan asupan kolagen yang cukup, pembuluh darah bisa semakin kuat sekaligus elastis. Kondisi pembuluh darah yang sehat akan mendukung kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Sehingga tubuh akan tampak lebih sehat dan aktif.

Fakta 3. Sendi juga memerlukan kolagen. Kecukupan kolagen akan membantu mendukung kesehatan sendi. Bantalan sendi pun akan semakin sehat dan kuat sehingga dapat membantu mengurangi risiko osteoartritis atau radang sendi yang biasanya menyerang di masa senja. Sendi yang kuat akan mendukung aktivitas keseharian.

Fakta 4. Kolagen mendukung pemulihan luka. Manfaat kolagen lainnya adalah untuk memperkuat dan meregenerasi sel dan jaringan untuk membantu perkembangan otot. Secara tidak langsung, jika Anda mengalami cedera karena aktivitas berlebihan tetapi tubuh menyediakan asupan kolagen yang cukup, masa pemulihan pun bisa berlangsung lebih cepat.

Fakta 5. Masalah kulit bisa diperkecil oleh kolagen. Penuaan dini hanyalah satu dari sekian masalah kulit. Namun, jika asupan atau produksi kolagen terbilang cukup, kondisi kulit tubuh menyeluruh pun akan semakin baik. Kulit akan terhindar dari selulit, masalah kulit kering, flek hitam, dan kulit yang tampak kusam.

Fakta 6. Kolagen mendukung kesehatan pencernaan. Tidak banyak orang yang menyadari, kolagen juga membantu menyehatkan organ dan saluran pencernaan. Asupan kolagen yang cukup dapat mendukung metabolisme dalam tubuh, salah satunya pencernaan untuk bagian usus. Bahkan, kolagen dapat membantu menangkal sejumlah gangguan pencernaan akibat bakteri atau penyakit tertentu sehingga tubuh selalu sehat dan fit. Serta tentu saja, awet muda. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagaram @ETALASEBINTARO

Comments

comments