2109

Cerdas Memilih Furnitur untuk Hunian Mungil

Tinggal di apartemen atau rumah yang mungil membuat Anda perlu cerdik dalam memilih perabotan. Salah memilih perabotan dapat membuat tempat tinggal Anda jadi kurang nyaman. Ruang gerak pun terbatas. Sebaliknya, dengan pemilihan perabotan yang tepat, ruang yang sempit dapat terlihat lebih lapang.

Tentu agar penataan perabotan pas, Anda perlu mengenali dengan benar luas ruangan secara total. Misalnya, 45 meter persegi. Dari total luas unit apartemen ini, bagilah menjadi area-area tertentu. Penempatan kamar tidur dan kamar mandi sudah tidak bisa diutak-atik. Namun, Anda perlu mempertimbangkan penyekatan ruang agar apartemen terbagi menjadi ruang tamu, ruang makan, dan ruang bersantai. Terkadang ruang tamu dan ruang santai keluarga dijadikan satu. Dengan mengetahui pembagian ruang ini, Anda pun akan tahu perabotan-perabotan untuk mengisi ruangan.

Sebelum membeli perabotan, seperti meja, rak, dan kursi, Anda harus tahu dengan pasti akan diletakkan di mana perabotan tersebut nantinya. Ukurlah dahulu luas yang dialokasikan untuk perabotan tersebut. Pengukuran ini perlu, karena perabotan yang dipajang di toko bisa jadi terlihat mungil, namun ketika diletakkan di ruangan Anda, ia akan terlihat besar dan memakan tempat.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Anda siasati dalam memilih furnitur untuk hunian mungil.

  1. Pilih furnitur multifungsi. Contohnya, sofa panjang dengan kabinet atau laci-laci di bagian bawahnya. Contoh lainnya, meja makan dengan kursi-kursi yang bisa dimasukkan ke bagian bawah meja sehingga tampak ringkas. Anda juga bisa memilih meja berlaci sebagai tempat penyimpanan barang. Pilih meja TV dengan banyak laci agar pernak-pernik Anda bisa tersimpan di dalamnya.
  2. Usahakan vertikal. Ruangan yang sempit memang membuat kita tak leluasa memilih furnitur yang besar dan lebar. Siasatnya, pilih furnitur atau perabotan yang meninggi atau vertikal. Tidak masalah jika Anda memilih lemari pakaian yang menyentuh langit-langit ruangan jika memang diperlukan. Pilih pula rak yang juga berbentuk vertikal. Cara ini akan membuat Anda bisa menyimpan barang lebih banyak tanpa harus menyita ruangan. Tempat penyimpanan yang menggantung, juga bisa jadi pilihan.
  3. Warna cerah tidak pernah salah. Tidak hanya dinding dan lantai yang berwarna cerah seperti putih dan krem atau warna pastel seperti merah muda dan biru muda. Terapkan warna ini pada perabotan dan furnitur. Warna-warna cerah atau warna lembut pada apartemen akan mengesankan ruangan yang lebih lapang.
  4. Beraksen memantul. Pemasangan cermin pada ruangan apartemen memang bisa membuat tampilan apartemen tampak lebih luas. Namun tidak hanya cermin, Anda juga bisa memilih jenis furnitur yang berefek memantulkan cahaya. Misalnya, meja dari marmer atau laci kabinet yang mengilat.
  5. Pencahayaan cukup. Ini yang tidak boleh dilupakan. Sepertinya sepele, tetapi aspek pencahayaan akan mempengaruhi keseluruhan ruangan. Oleh karena itu, pastikan apartemen mendapatkan penerangan yang cukup pada siang hari dengan pencahayaan alami. Untuk malam hari, pastikan penerangan dari lampu cukup terang untuk menerangi seluruh ruangan. Ruangan yang tampak terang akan menciptakan area yang luas dan lapang. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments