1809

Belajar Jadi Pemimpin dari Tokoh Dunia Terkini

Menjadi pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan tidaklah mudah. Ada beberapa sikap yang harus dimiliki. Beberapa tokoh dunia ini telah diakui jiwa kepemimpinannya. Siapa tahu Anda bisa belajar dari mereka, dan menjadi pemimpin yang dihormati, disegani, sekaligus disayangi oleh bawahan Anda.

Disarikan dari berbagai sumber, inilah beberapa pemimpin di bidangnya masing-masing yang telah diakui dunia. Sebagian tokoh-tokoh ini adalah orang-orang terkaya, namun tentu bukan hanya karena kekayaannya yang membuat mereka disegani. Sebagian lagi berkontribusi dalam membangun negara. Lainnya, perannya mungkin hanya untuk lokasi tertentu, tetapi memberikan inspirasi bagi banyak orang di berbagai negara.

Ellen Johnson Sirleaf

Sosok ini barangkali kurang akrab di telinga Anda. Ialah peraih Nobel Perdamaian tahun 2011. Bahkan, Ellen Sirleaf adalah perempuan presiden pertama dari kawasan Afrika. Ketegasan adalah hal yang bisa Anda pelajari darinya. Ketegasannya sebagai seorang pemimpin diakui dunia ketika berhasil memberantas korupsi di negaranya. Presiden Sirleaf juga menunjukkan keseriusannya dalam memberantas wabah virus Ebola di negaranya, Liberia.

Mark Zuckerberg

Hampir semua orang mengenalnya sebagai pendiri Facebook dan salah satu orang terkaya di dunia. Meskipun sempat dicibir karena tidak melanjutkan kuliah atau drop out, Mark justru kembali ke universitas untuk menuntaskan pendidikannya dan baru-baru ini diwisuda. Tidak hanya karena kekayaan dan buah karyanya, Mark dan istrinya, Priscilla, juga dikenal sosok yang dermawan dan sederhana. Saat putri pertama mereka, Maxima, lahir, Mark-Priscilla justru menjual sebagian besar saham Facebook dan mendonasikannya ke pihak yang membutuhkan. Anda bisa belajar tentang kesederhanaan dan keefisienan dari Mark. Konon, Mark selalu mengenakan T-shirt abu-abu karena ia tak mau membuang waktu hanya untuk memikirkan akan memakai baju apa ia hari itu.   

Mouhib Katir

Siapa dia? Sempat ditangkap oleh Pemerintah Aljazair dan dipenjara, Mouhib Katir akhirnya dibebaskan karena terbukti tidak bersalah. Anda bisa belajar mengenai keberanian sebagai pemimpin dari Mouhib Katir. Sosok Wali Kota Zeralda, Aljazair, ini kondang sebagai sosok yang berani melawan korupsi di negaranya dan bahkan memerangi para mafia yang menghambat pembangunan di negaranya.

Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya ini memang terpilih sebagai salah satu pemimpin berpengaruh. Lingkupnya memang hanya kawasan Surabaya, kota metropolis kedua setelah Jakarta. Namun wajah Surabaya yang kumuh dan amburadul berhasil ditata dan dipercantik. Risma dianggap berperan besar dalam menciptakan banyak ruang terbuka hijau di Surabaya. Selain membangun kotanya, Risma dikenal sosok yang rendah hati, peduli, dan bersedia menyapa masyarakatnya secara langsung. Peduli dan dekat dengan dengan bawahan adalah sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin.

Joanne Liu, M.D, C.M

Kontribusinya dalam bidang kemanusiaan mengalir melalui Medecins Sans Frontiere (MSF), organisasi yang dipimpinnya. Melalui MSF, Joanne menjalankan beragam aktivitas mulai dari memberikan bantuan untuk korban pengungsian dan kekerasan di sejumlah kawasan Afrika, hingga membantu korban bencana tsunami Indonesia. Sosok ini dikagumi sebagai pribadi yang sederhana tetapi memiliki kontribusi bagi kemanusiaan yang luar biasa. Jiwa kepemimpinan Joanne tercermin ketika membantu menghentikan epidemi Ebola di Liberia. Joanne selalu berada di garis depan. Ia selalu fokus namun fleksibel dalam menghadapi situasi yang sangat berat. [KUL]

 

Foto-foto: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments