1109

Pelajari Ini Sebelum Memilih Asuransi Kendaraan

Harga mobil tidaklah murah, biaya perbaikannya pun tidak sedikit. Agar mobil tak akan menguras tabungan Anda, sebaiknya lindungi mobil dengan asuransi kendaraan. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda cermati sebelum memilih asuransi mobil. Jangan sampai premi yang telah Anda bayarkan jadi sia-sia karena Anda memilih asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat asuransi kendaraan cukup banyak. Di antaranya adalah untuk proteksi jika terjadi kecelakaan atau tabrakan. Asuransi kendaraan juga bermanfaat untuk memberikan proteksi jika terjadi pencurian pada sebagian komponen/aksesoris kendaraan, atau pencurian kendaraan seluruhnya. Apalagi jika terjadi kejadian tidak terduga yang berimbas pada kerusakan atau kehancuran kendaraan. Misalnya, kebakaran, kerusuhan massa, dan bencana alam seperti banjir. Bahkan, asuransi akan membantu jika terjadi suatu kecelakaan dan seseorang bertanggung jawab pada pihak ketiga.

Namun, dengan memiliki asuransi, Anda pun perlu membayarkan sejumlah premi. Jumlah premi ini berbeda-beda, tergantung dari jenis asuransi dan harga mobil.

Ada dua jenis

Jenis asuransi mobil antara lain Total Loss Only (TLO). Asuransi ini sesuai bagi Anda jika ingin memberikan proteksi pada kendaraan saat terjadi kehilangan total (total loss). Contoh kategori kehilangan total adalah hilangnya kendaraan akibat pencurian atau mobil mengalami kerusakan parah hingga 80-90% atau lebih. Nilai premi yang dibayarkan jika mengambil asuransi TLO cenderung lebih ekonomis, sesuai jenis proteksinya.

Asuransi mobil kedua adalah asuransi all risk atau asuransi komprehensif. Jenis asuransi ini memberikan perlindungan pada kendaraan, mulai dari kerusakan ringan, kerusakan parah, hingga hilangnya kendaraan akibat pencurian. Contoh kerusakan yang dimaksud adalah mulai dari mobil lecet akibat bersenggolan dengan kendaraan lain. Perlindungan yang diberikan asuransi all risk ini relatif cukup lengkap. Jadi, jangan heran bila asuransi all risk ini rata-rata memiliki premi yang lebih tinggi dibandingkan jens asuransi lainnya.

Anda pun bisa memperluas jenis perlindungan untuk kendaraan. Sejumlah asuransi TLO dan all risk bisa jadi tidak memberikan perlindungan jika terjadi bencana alam. Untuk itu, Anda pun bisa mencari atau mengajukan perlindungan asuransi dengan tambahan perluasan lingkup asuransi. Contoh tambahan perluasan perlindungannya antara lain kecelakaan penumpang, bencana alam, kerusuhan, atau bahkan sabotase oleh terorisme.

Cermati ini

Anda perlu memastikan jenis asuransi sesuai kebutuhan Anda. Selain itu ada beberapa hal yang perlu Anda cermati ketika memilih asuransi kendaraan:

1/ Informasi perusahaan asuransi. Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah terpercaya. Cari informasi, bisa melalui teman atau kenalan, bagaimana pengurusan klaim pada perusahaan asuransi tersebut, dan  berapa lama rata-rata prosesnya.

2/ Fasilitas tambahan. Setelah menentukan jenis asuransi, TLO atau all risk, tanya fasilitas lain yang diberikan perusahaan asuransi tersebut. Fasilitas yang biasa diberikan antara lain, mobil derek, jasa montir, ambulans, atau pelayanan customer service 24 jam, dan lain-lain.

3/ Pelayanan yang baik. Cari tahu apakah perusahaan tersebut memberikan pelayanan yang baik. Dan apakah mereka dapat memberikan semua informasi yang Anda butuhkan.

Bandingkan beberapa perusahaan asuransi, lalu pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments