0809

Ciri-ciri Penuaan Dini yang Jarang Diketahui

Banyak orang yang mengira penuaan dini, atau penuaan sebelum waktunya, hanya muncul dalam bentuk kerut atau bintik hitam pada wajah. Sedikit kerut di ujung mata, sudah membuat panik. Anda langsung waspada, dan bersiap menghalau segala tanda penuaan. Padahal, penuaan tak hanya hadir dalam bentuk kerut. Ada tanda-tanda lain yang juga perlu diperhatikan dan diwaspadai.

Memang, ciri penuaan dini paling jelas terlihat pada wajah. Di antaranya adalah munculnya keriput, garis senyum tampak semakin jelas, dan munccul kerutan di kening atau dahi. Ciri lainnya bisa ditandai dari munculnya jerawat yang tak wajar, bintik hitam, kulit kering dan kusam, lingkaran hitam, dan pori-pori wajah yang membesar padahal jenis kulit Anda sebelumnya normal. Namun ada tanda-tanda lain yang juga perlu Anda cermati sebagai mulai terjadinya penuaan.

Ciri fisik

Selain wajah, tanda-tanda penuaan dini bisa dikenali dari berbagai kondisi fisik pada tubuh. Antara lain, munculnya strech marks pada beberapa bagian tubuh, kuku yang mudah patah, berat badan sulit terkontrol, serta munculnya masalah tulang dan persendian. Sejumlah orang bisa jadi sudah mengalami beberapa dari gejala ini sejak dulu. Misalnya, strech marks. Bila Anda tidak mengalami hal tersebut sebelumnya, tetapi kondisi fisik mulai menunjukkan tanda-tanda perubahan signifikan, bisa jadi penuaan dini sedang terjadi.

Ciri lain yang kerap tidak disadari adalah warna rambut yang semakin kusam. Rambut yang semula hitam menjadi sedikit kelabu bisa jadi adalah tanda penuaan dini. Belum lagi jika ditambah dengan rambut rontok yang tak wajar atau berlebihan. Buah dada mengendur atau turun juga bisa menjadi tanda penuaan dini.

Gejala psikis

Tanda penuaan dini yang bersifat psikis juga jarang disadari. Sebagian orang mungkin menganggap perubahan emosi yang lebih labil atau kerap mengalami mood swing adalah wajar karena dianggap seseorang tengah mengalami suatu masalah. Namun, penuaan dini ini tampak ketika seseorang mengalami perubahan emosi secara signifikan. Misalnya, orang yang dulu sabar perlahan berubah menjadi lebih mudah tersinggung atau uring-uringan karena penyebab yang sepele. Atau bisas juga  seseorang berubah menjadi lebih kekanak-kanakan sebagai efek dari penuaan dini.

Ciri lain, daya konsentrasi yang semakin menurun. Sebagai contoh, seseorang biasanya bisa berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan sesuatu dalam waktu 45 menit. Namun, sekarang berkonsentrasi selama 20 menit saja terasa sangat susah dan fokus mudah teralihkan. Perhatikan juga tanda ini, Anda jadi lebih mudah lelah, baik secara fisik maupun mental. Ini dapat menyebabkan produktivitas yang kurang maksimal.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera ubah gaya hidup. Terapkan pola hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga rutin, serta menjauhi stres. Penuaan mungkin tak bisa dihindari, tetapi Anda bisa mencegahnya agar penuaan tak datang terlalu dini. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments