0409

Asuransi, si Penyelamat yang Kerap Diabaikan

Seperti pelampung yang akan menyelamatkan hidup kita saat akan tenggelam. Begitulah kira-kira fungsi asuransi. Karena itu, meski kadang terasa tak terlalu dibutuhkan saat ini, asuransi tetap perlu dipertimbangkan untuk dimiliki. Sebab Anda tak pernah tahu kapan membutuhkan pelampung.

Memang, dengan memiliki asuransi, akan ada biaya premi yang dibayarkan setiap bulannya. Ini mungkin terasa memberatkan. Akan tetapi, jika terjadi kejadian buruk secara tiba-tiba, asuransi bisa membantu meringankan atau mengalihkan risiko yang dialami. Jenis asuransi bermacam-macam, namun ada beberapa yang sebaiknya Anda miliki.

Asuransi kesehatan

Saat Anda sakit, jangan sampai urusan biaya perawatan kesehatan bikin Anda tambah stres. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dan keluarga memiliki asuransi kesehatan sebagai pelampung. Seperti namanya, asuransi ini bertujuan untuk menangani masalah finansial kesehatan pihak yang tertanggung. Biasanya, asuransi kesehatan mencakup biaya proses perawatan dan pemulihan, tetapi ada juga asuransi yang memberikan dukungan finansial untuk keluarga pihak yang tertanggung, tentu dengan nominal tertentu. Ketika memilih asuransi kesehatan, perhatikan dengan cermat penyakit apa saja yang ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh jenis sakit atau penyakit yang biasanya ditanggung oleh asuransi kesehatan antara lain, kecelakaan yang mengakibatkan cedera, penyakit yang membutuhkan operasi, hingga penyakit umum seperti demam berdarah dan malaria.

Asuransi jiwa

Jenis asuransi jiwa termasuk beragam, juga skema pembayaran dan prosedur klaim pembayarannya. Menariknya, klaim asuransi jiwa ini dapat digunakan untuk diri sendiri atau orang lain, misalnya anggota keluarga. Dengan memiliki asuransi ini, Anda tak perlu khawatir terhadap kehidupan orang-orang terdekat Anda ketika terjadi sesuatu dengan Anda.

Asuransi pendidikan

Ini adalah salah satu strategi untuk menyiasati tingginya biaya pendidikan anak. Apalagi mengingat biaya pendidikan semakin tinggi dari tahun ke tahun. Belum lagi ditambah dengan inflasi yang membuat nilai mata uang kian rendah. Agar biaya pendidikan si kecil nantinya tidak terlalu memberatkan, lebih baik rancanglah pengelolaan dana pendidikan sejak si kecil lahir. Asuransi pendidikan umumnya memiliki jangka waktu tertentu yang bisa Anda pilih agar sesuai dengan waktu pembiayaan pendidikan. Misalnya, ketika si kecil masuk sekolah menengah, atau masuk perguruan tinggi.

Asuransi perjalanan

Asuransi ini cukup penting, tetapi kadang terlupakan. Asuransi perjalanan, seperti asuransi lainnya, memberikan perlindungan saat seseorang melakukan perjalanan dari suatu lokasi ke lokasi lain. Proteksi yang diberikan mulai dari hal-hal yang sederhana seperti perlindungan terhadap barang bawaan hingga santunan jika terjadi kecelakaan. Asuransi perjalanan ini wajib dan umum dimiliki ketika seseorang akan melakukan perjalanan jauh ke negara lain.

Asuransi kendaraan

Bila Anda memiliki kendaraan bermotor, seperti mobil atau sepeda motor, sebaiknya lindungi dengan asuransi. Seperti yang Anda tahu, perbaikan kendaraan bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Asuransi ini bisa memberikan dukungan finansial ketika kendaraan bermotor hilang atau rusak akibat kecelakaan. Sehingga Anda tetap tenang ketika terjadi sesuatu yang kurang mengenakkan pada kendaraan bermotor Anda.

Asuransi kredit

Fungsi asuransi ini adalah memberikan perlindungan jika seseorang tidak bisa melunasi kreditnya. Asuransi kredit juga dapat melindungi lembaga keuangan dan perbankan jika terjadi masalah dalam pemberian kredit pada nasabah. Asuransi ini juga melindungi keluarga Anda dari kewajiban membayar tagihan kartu kredit Anda ketika terjadi hal buruk pada Anda. Bagi nasabah, asuransi kredit ini juga bermanfaat untuk meminimalkan risiko jika terjadi penyalahgunaan kartu kredit. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments