3108

Oase Mini di Hunian Vertikal

Sebagian orang menganggap berdiam di apartemen menjenuhkan. Memang, dibanding rumah, apartemen relatif kalah dalam soal luas. Ini membuat Anda harus memutar otak bagaimana menyiasatinya agar dengan luas yang tak seberapa, Anda masih bisa memiliki “sudut “ santai seperti teras rumah. Kalau Anda jeli, apartemen memiliki aset tertentu yang bisa dimaksimalkan. Contohnya, area balkon.

Ukuran balkon bisa saja berbeda-beda di tiap jenis apartemen. Atau bahkan mungkin tidak ada balkon di suatu apartemen. Seringkali pula balkon apartemen sangat sempit, sulit untuk diutak-atik lagi. Namun, jangan salah, dengan sedikit trik dan penataan, balkon apartemen yang mungil pun bisa tampil menawan.

Cermati ini dulu

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan balkon “aset berharga“. Akan tetapi, sebaiknya perhatikan dulu ukuran balkon, posisi pintu, jendela, dan pagar pembatas. Sebelum menata apartemen, sebaiknya saat pintu balkon dibuka, tidak ada perabotan atau benda-benda lain yang mengganggu. Demikian juga jika ada jendela menghadap balkon ataupun anak tangga. Pastikan pula pagar balkon apartemen cukup tinggi, apalagi jika Anda tinggal di unit yang lebih tinggi dari lantai 3.

Cek pula kondisi balkon apartemen. Pastikan balkon apartemen terbuat dari fondasi yang kokoh dan kuat serta mampu menahan beban furnitur serta aktivitas orang di atasnya. Lihat pula, apakah sebagian balkon dilengkapi atap atau terbuka seluruhnya? Anda perlu mengetahui luas balkon apartemen sebagai pertimbangan desain dan penempatan furnitur.

Percantik dengan cara ini

Setelah itu, lakukan sejumlah trik berikut untuk mempercantik balkon apartemen:

1/ Jika area balkon cukup luas, letakkan sofa atau kursi dan meja di balkon. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan luas area balkon apartemen Anda. Jika area terbatas, Anda bisa meletakkan 1 kursi dan 1 meja. Bila balkon cukup panjang, letakkan sofa dengan meja atau ditambah kursi pada balkon.

2/ Pilih meja atau kursi yang tahan terhadap cuaca. Misalnya, kursi dan meja dari logam antikarat. Atau sofa yang memiliki bahan tahan air. Dengan begitu, ketika hujan turun, Anda tak perlu khawatir jika furnitur basah atau terkena tempias. Cara perawatannya pun mudah, hanya tinggal mengelap saja.

3/ Berikan tambahan aksesoris. Misalnya, bantal-bantal empuk agar suasana bersantai di balkon makin nyaman. Siapkan pula selimut atau pashmina jika Anda ingin bersantai di balkon saat malam hari. Namun, angkat dan simpan aksesoris yang tidak tahan air ini jika Anda akan bepergian.

4/ Tambahkan tanaman hijau. Anda bisa meletakkan pot-pot bunga favorit di sudut-sudut balkon. Namun, jika area sangat terbatas, terapkan taman vertikal di salah satu sisi balkon. Jangan lupa, rawatlah tanaman di balkon setiap hari. Area balkon pun akan tampak asri dan nyaman.

5/ Berikan penerangan yang cukup. Area balkon apartemen terkadang terlupakan. Padahal, area ini bisa menjadi area yang nyaman untuk bersantai di malam hari. Anda hanya perlu menambahkan penerangan yang cukup. Misalnya lampu-lampu atau lilin-lilin untuk menghidupkan suasana yang romantis. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments