3008

Siapkan Anak Saat Ditinggal Ke Luar Kota

Berpisah sementara dengan anak, apalagi yang masih kecil, karena tugas ke luar kota memang sungguh berat. Terutama bagi Anda, seorang ibu. Meninggalkan anak barang semalam saja bisa menjadi dilema yang besar. Bukan hanya si kecil yang bisa rewel, Anda pun dapat dihantui rasa gelisah dan khawatir.

Supaya anak, terutama Anda, bisa tenang, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum berangkat. Dengan persiapan matang, Anda tak terlalu khawatir meninggalkan si kecil. Anda pun bisa fokus pada pekerjaan.

Ajak anak berbicara

Bukan hanya yang sudah besar, anak yang masih kecil atau bayi sekalipun bisa diajak bicara. Mereka akan merekam apa yang disampaikan. Anda cukup menerangkan dengan pelan-pelan dan menggunakan bahasa sederhana yang bisa dimengerti anak.

Contohnya, “Besok adik tidur sama papa saja ya, karena mama harus keluar kota. Tapi, nanti mama pasti akan pulang ke rumah.” Pastikan anak paham. Jawablah setiap pertanyaannya terkait kepergian Anda. Ini untuk mencegah crancky atau trantum nantinya. Tidak perlu meluangkan waktu khusus, obrolan bisa dilakukan saat bermain atau menjelang tidur.

Jika perlu, ulangi terus tiap hari, hingga mendekati jadwal keberangkatan. Jika anak menjadi paham dan menunjukkan sikap yang tenang, tentu berkurang rasa kekhawatiran Anda kan?

Pastikan siapa pengasuhnya

Khusus untuk urusan ini, Anda harus memastikannya. Sebisa mungkin pengasuh adalah orang yang sudah akrab dan mengerti kebiasaan anak. Bisa ayah, kakek-nenek, atau pengasuh. Yang penting, anak harus nyaman dengan pengasuhnya. Jelaskan pada pengasuh si kecil, soal jam tidur, lama menonton televisi, jam bermain, makanan kesukaan, alergi, jadwal sekolah, dan sebagainya. Anda juga bisa meninggalkan kartu rumah sakit dan nomor telepon dokter yang biasanya dihubungi apalagi terjadi kondisi darurat. Buatlah agar pengasuh dan anak merasa nyaman dan terlengkapi kebutuhannya selama Anda pergi. Sebaiknya Anda juga memberikan alternatif-alternatif permainan yang bisa dilakukan pengasuh bersama anak. Kadang orang tua, seperti kakek atau neneknya, bingung aktivitas apa yang bisa dilakukan oleh anak kecil.

Siapkan kebutuhannya

Belum tentu pengasuh, bahkan ayahnya, mengerti semua perlengkapan yang dibutuhkan si kecil. Karena itu Anda bisa menyiapkannya sendiri atau menulis di kertas dan meminta orang lain untuk belanja. Mulai dari diapers, susu, snack favorit, seragam sekolah yang akan dipakai, dan lainnya. Bisa pula Anda membuat makanan yang dapat disimpan di kulkas untuk nanti dihangatkan atau digoreng. Anak akan tetap bisa merasakan kehadiran Anda lewat masakan.

Manfaatkan kecanggihan komunikasi

Sekarang komunikasi bukan lagi masalah yang pelik. Tidak terbatas waktu dan jarak. Adanya internet semakin menambah kemudahan interaksi manusia. Di tengah kesibukan, Anda bisa meluangkan waktu untuk sekadar say hello via video call. Saling kirim foto dan video melalui berbagai aplikasi akan mengikis jarak yang ada. Manfaatkan fasilitas yang kita punya untuk menjalin hubungan dengan anak. Selain Anda tetap bisa mengawasinya, anak juga merasa tenang dan nyaman. Serasa selalu dekat dengan orangtuanya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments