2408

Langkah Cerdik Bikin Apartemen Tampak Luas

Bagi keluarga kecil, tinggal di apartemen bisa jadi pilihan. Selain harganya relatif tidak semahal rumah tinggal, apartemen umumnya terletak dekat pusat aktivitas. Beberapa apartemen bahkan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, dari minimarket, taman bermain anak, hingga kolam renang.  Sayangnya, apartemen memiliki keterbatasan ruang. Tapi tenang saja, kendala ini bisa Anda siasati, kok.

Sebenarnya ruang yang tidak begitu luas bisa memudahkan Anda untuk membersihkannya. Apalagi bila Anda tak ingin punya asisten rumah tangga. Dan dengan sedikit siasat, apartemen yang tampak sempit pun bisa terkesan luas. Mau tahu caranya? Berikut ini adalah kuncinya.

Efisien. Suka mengoleksi dan menimbun barang? Sebaiknya pertimbangkan lagi sikap ini. Kebiasaan mengoleksi, membeli, dan mengumpulkan barang-barang yang tidak diperlukan justru bisa membuat apartemen tampak penuh. Ruang-ruang dalam apartemen pun tersita untuk menyimpan barang-barang. Ketika memutuskan untuk tinggal dalam apartemen, mau tidak mau kita berpikir lebih efisien. Contoh efisien ini adalah menempatkan barang-barang yang benar-benar diperlukan saja dalam apartemen. Sebutlah, tempat tidur, lemari pakaian, sofa di depan TV yang sekaligus bisa menjadi sofa tamu, dan peralatan dapur. Hindarilah menyimpan barang yang tidak perlu atau barang-barang yang tidak dipakai lagi. Dengan begitu, akan tersedia ruang yang lebih lapang dalam apartemen.

Jumlah penghuni. Apartemen dengan 2 kamar tidur sebaiknya untuk 2 orang penghuni, atau maksimal 3 penghuni. Namun, jika apartemen 2 kamar tidur didiami lebih dari 3 orang, suasananya pun akan terasa sesak. Tiap orang atau penghuni pastilah memiliki ruang atau tempat khusus untuk menyimpan barang-barang pribadinya. Bayangkan betapa banyaknya barang jika satu apartemen dihuni banyak orang beserta barang-barang pribadinya. Jadi, sesuaikan jumlah penghuni dengan kapasitas ideal apartemen.

Ringkas. Perabotan atau furnitur multifungsi adalah kunci Anda. Untuk menyimpan barang-barang atau pernak-pernik yang penting dan tidak mungkin dibuang, perabotan atau furnitur multifungsi dapat mengakomodasi sebagai wadahnya. Misalnya, meja makan yang memiliki laci untuk menyimpan peralatan makan. Atau kursi makan yang bantalannya bisa dilepas dan di dalamnya dapat dipakai untuk menyimpan pernik. Pilih perabotan atau furnitur yang berdesain vertikal. Selain dapat menghemat tempat, ruangan dalam apartemen pun bisa terlihat lebih lapang. Jika masih ragu, Anda pun bisa berkonsultasi pada ahlinya atau mencari informasinya di internet.

Trik interior. Ini adalah cara yang paling mudah kita temukan di berbagai sumber. Beberapa di antaranya adalah memasang cermin di salah satu sisi ruangan. Cermin dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan membantu memaksimalkan pencahayaan dengan daya pantulnya. Cara lainnya adalah dengan mengecat dinding dengan warna terang seperti putih, krem, biru muda, atau merah muda serta warna-warna lembut lainnya.

Penataan. Bisa jadi pilihan cat dinding dan furnitur sudah tepat. Namun, jika menata apartemen asal-asalan, jangan heran bila ruangan di dalamnya seolah tambah sempit. Anda perlu mengenali luas ruangan, bentuk, serta ukurannya terlebih dulu. Barulah setelah itu bisa memutuskan jenis perabotan atau furnitur serta penempatan yang paling pas. Pastikan agar penempatan perabotan atau furnitur tidak menghalangi aktivitas orang di dalamnya. Cara ini pun akan membuat suasana tinggal di apartemen menjadi lebih nyaman dan penghuni lebih leluasa bergerak di dalamnya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments