2208

Bunda, Maksimalkan Seribu Hari yang Menentukan Kehidupan Anak

Ada saat di mana anak berada pada masa keemasan pertumbuhannya. Masa ini sangat menentukan kualitas kehidupan anak di kemudian hari. Lamanya hanya 1.000 hari, dan tak akan bisa kembali. Sangat sayang bila Anda tak memaksimalkannya. Karena itu para bunda perlu mengetahuinya, terutama ibu bekerja, agar tak melewatkannya.

Menurut dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A, MARS, atau akrab disapa dr. Tiwi, dokter spesialis anak yang juga merupakan warga Bintaro, 1.000 hari tersebut dimulai sejak konsepsi (pertemuan sel telur dan sperma) hingga dua tahun pertama kehidupan anak.

Pada masa itu, otak sebagai organ yang sangat penting sedang berkembang dengan pesat. Selain otak, sistem kekebalan bayi pada dua tahun pertama juga sangat rapuh.  Oleh karena itu pada seribu hari tersebut, pertumbuhan anak dan janin perlu dipantau terus menerus. Beberapa yang perlu dipantau adalah berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.

Bukan hanya kualitas

Waktu memang menjadi kendala untuk ibu bekerja. Dengan terbatasnya waktu, wajar bila ibu ingin membuat waktu yang tak banyak itu menjadi sangat berkualitas. Tak salah memang, namun menurut dr. Tiwi, anak tetap perlu mendapat banyak waktu untuk bersama orang tua. Dengan begitu, Anda pun bisa memantau perkembangan anak dengan baik pada seribu hari pertamanya dan hari-hari berikutnya.

Inilah beberapa hal yang disarankan dr. Tiwi untuk membantu ibu bekerja agar dapat terus memantau perkembangan anak.

1/ Menyempatkan diri untuk memandikan anak. Momen memandikan ini bisa Anda gunakan untuk melihat lebih teliti tubuh anak. Bila memungkinkan, akan lebih baik lagi bila Anda menyuapinya sebelum berangkat kerja. Dengan begitu, Anda bisa memantau gizi si kecil, dan memastikan ia memiliki berat tubuh yang normal. Meskipun sederhana, peran ibu pada momen semacam ini tidak tergantikan.

2/ Jadikan akhir pekan sebagai waktu berkegiatan bersama anak. Pergi ke mal bukan salah satu alternatifnya. Mengapa? Karena ketika berada di mal, bisa jadi perhatian Anda akan terbagi. Baju cantik untuk ke kantor bisa mengalihkan perhatian Anda dari si kecil. Lebih baik carilah tempat-tempat yang cocok untuk anak. Misalnya, taman kota, taman bermain, atau obyek wisata terdekat yang ramah anak. Tanpa teralihkan pikiran oleh belanja atau berburu barang, Anda bisa fokus membimbing, mengajari, dan mengawasi anak ketika beraktivitas di taman atau obyek wisata ramah anak. Agar tidak bosan, Ibu bisa merundingkan dengan Ayah tentang lokasi yang akan dikunjungi saat akhir pekan. Jika kehabisan ide untuk mencari lokasi yang dituju, menghabiskan waktu di rumah pun tidak masalah.

3/ Evaluasi kegiatan anak bersama pengasuh saat sebelum tidur atau akhir pekan. Buatlah rencana kegiatan yang harus dilakukan esok hari bersama pengasuh.

4/ Ikuti rencana tersebut. Setiap akhir pekan, bermainlah bersama anak seperti rencana yang dibuat, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Bila bunda ingin mengetahui lebih jauh mengenai tumbuh kembang anak di 1.000 hari pertama kehidupan, Anda bisa datang ke acara Kids Fair, Let’s Play With Us, di Titan Center Bintaro, Sabtu (26/8) nanti. Selain bisa bertemu langsung dengan dr. Tiwi, ada pula beragam aktivitas untuk anak yang seru, lho. Info lebih lanjut, klik sosial media, fb: Gerakan Peduli ASI sekitar Tangerang Selatan dan Instagram @garasikita_community atau @etalasebintaro.  [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments