20-08

Setetes untuk Redakan Stres

Mumpung masih akhir pekan, carilah cara untuk meredakan dan mengelola stres agar Anda siap menghadapi hari Senin esok. Jurusnya tak ribet, dan tak menguras kantong Anda (yang malah akan membuat Anda makin stres). Siapkan saja minyak esensial.

Minyak esensial adalah minyak yang disarikan dari ekstrak bunga, buah, batang, akar, atau bagian tumbuhan lainnya. Biasanya minyak esensial digunakan sebagai minyak aromaterapi, minyak pijat atau massage, atau hanya sekadar diteteskan pada sarung bantal atau baju. Yang penting aromanya tercium.

Fungsi minyak esensial sebetulnya cukup beragam. Namun, untuk menangani stres, Anda bisa memilih beberapa jenis minyak esensial ini.

Jeruk (citrus)

Umumnya, minyak yang beraroma jeruk bermanfaat untuk merangsang kreativitas dan memacu motivasi. Namun, jika dalam kondisi stres, minyak ini bisa Anda manfaatkan untuk membangkitkan semangat dari gairah yang loyo dalam bekerja atau belajar. Aroma jeruk yang segar juga mampu mengembalikan antusiasme dari kekecewaan atau keputusasaan.

Kenanga (ylang ylang)

Sebutan ylang ylang memang terdengar keren. Siapa sangka ylang ylang adalah bunga kenanga yang mudah dijumpai dan gampang tumbuh di kawasan tropis Indonesia? Aroma khas kenanga ternyata mampu membantu meredakan otot saraf otak yang tegang. Selain itu, aroma kenanga juga bisa membantu menenangkan hati sehingga cocoklah bila minyak esensial kenanga Anda gunakan ketika sedang mengalami stres.

Melati (jasmine)

Bunga yang satu ini tidak hanya identik dengan suasana pernikahan. Aroma bunga yang semerbak dari melati bermanfaat juga untuk menangani stres. Minyak melati bisa mengurangi kekhawatiran berlebihan. Jadi, ketika sedang stres dan merasa cemas berlebihan, segera aplikasikan minyak esensial aroma melati ini. Suasana hati pun bisa lebih membaik dan lebih tenang.

Mawar

Layaknya melati, aroma mawar yang manis dan menyenangkan ternyata mampu membantu mengurangi kekhawatiran dan kegelisahan berlebihan ketika stres. Tidak hanya itu, minyak esensial mawar juga mampu membuat tubuh lebih santai dan pikiran lebih tenang.

Mint (peppermint)

Fungsi minyak esensial mint biasanya untuk membantu konsentrasi dan meningkatkan semangat. Akan tetapi, jika dalam kondisi stres, Anda pun bisa bangkit dari keengganan dalam melakukan segala sesuatu dan menjadi lebih produktif. Stres pun tak jadi penghalang ketika Anda beraktivitas dengan aroma mint yang menemani.

Cendana (sandalwood)

Lagi-lagi minyak dari kayu asli Indonesia jadi andalan. Keunggulan minyak esensial cendana untuk menangani stres adalah suguhan aroma yang menenangkan. Pikiran pun seolah lebih jernih dan fokus ketika menghirup aroma khas cendana. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments