19-2

Kopi Asal Indonesia yang Jadi Idola Dunia

Banyak yang bisa dibanggakan dari Indonesia. Kopi adalah salah satunya. Bahkan kini kopi menjadi aset yang luar biasa. Kopi asal Indonesia bisa memikat banyak orang di beberapa negara di dunia. Beruntunglah Anda yang tak perlu jauh-jauh menjajal kopi yang dipuja di dunia ini. Kopi istimewa sudah berada di dekat Anda.

Jenis dan varian kopi Indonesia cukup banyak. Hampir setiap daerah dari Sabang hingga Merauke memiliki potensi sebagai perkebunan kopi atau pusat pengembangan kopi. Berikut ini adalah beberapa kopi asal Indonesia yang telah mendunia.

Kopi luwak

Proses untuk mendapatkan kopi luwak memang unik. Buah kopi terlebih dulu dibiarkan dikonsumsi oleh hewan luwak. Sistem pencernaan luwak memberikan proses fermentasi pada biji kopi yang kurang tercerna dengan baik. Akhirnya, biji kopi dari sisa pembuangan luwak inilah yang diolah dan diproses. Cita rasa kopi luwak ini istimewa karena tidak sepekat dan setajam kopi lainnya tetapi memiliki rasa yang lembut dengan aroma yang khas. Karena langka dan proses mendapatkannya yang unik, kopi luwak dihargai tinggi di dunia.

Kopi jawa

Kepopuleran kopi jawa (java coffee) bukanlah sesuatu yang baru. Pada era penjajahan Belanda atau sekitar abad ke-17, kopi arabika yang ditanam di Jawa telah memasuki pasar ekspor hingga ke sejumlah bangsa di Eropa. Hingga saat ini pun kopi jawa masih lekat dengan jenis kopi yang sangat populer di berbagai negara karena rasanya yang lembut tetapi segar.

Kopi toraja

Seperti namanya, kopi ini berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan. Tepatnya dari daerah Kalosi. Soal ciri rasa, kopi toraja termasuk kopi yang memiliki rasa yang pekat dan kuat tetapi segar dan memiliki aroma membumi yang istimewa. Meskipun tergolong kopi yang pekat, rasa pahit yang tertinggal tidak tertahan lama dan biasanya hilang dalam sekejap. Tidak heran, kopi toraja memiliki penggemar loyal mayoritas dari Amerika Serikat dan Jepang karena rasa kopi ini begitu khas.

Kopi gayo

Sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat adalah penggemar berat kopi gayo. Sudah bisa ditebak, kopi gayo memang berasal dari dataran tinggi Gayo, Nanggroe Aceh Darrussalam. Cita rasa kopi gayo sangatlah kaya. Inilah yang membuat penggemar kopi gayo di sejumlah negara tidak pernah surut.

Kopi wamena

Kopi asal Papua ini memang istimewa. Mayoritas merupakan biji kopi arabika, kopi wamena mempunyai kandungan kafein yang tergolong rendah. Aroma kopi ini cukup wangi dan memikat. Berbeda dengan kopi lain yang masih meninggalkan bekas pahit, kopi wamena justru menyuguhkan rasa yang manis di bagian akhir. Peminat kopi wamena pun beragam, mulai dari Asia Timur, Australia, Eropa, hingga Amerika.

Kopi kintamani

Salah satu biji kopi berkualitas tinggi hadir dari kopi kintamani. Kopi ini ditanam, diproses, dan diolah dengan penanganan maksimal dan secara organik. Tidaklah mengejutkan bila kopi kintamani disukai karena rasanya yang lembut dan mampu bersaing dalam hal kualitas dengan kopi-kopi lain dari berbagai negara. Melihat beragamnya kopi ini, tentunya Anda bangga menjadi bagian dari negara penghasil kopi istimewa bukan? [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments