1708

Dirgahayu Lain di Bulan Agustus

Agustus adalah bulan ‘keramat’ bagi Indonesia. Bulan ini selalu disambut gempita dengan berbagai perayaan di setiap sudut negeri. Karena pada bulan inilah Indonesia merdeka. Namun bukan hanya Indonesia yang menjadikan Agustus sebagai bulan ‘keramat.’ Beberapa negara lain juga merayakan hari kemerdekaannya di bulan yang sama. Hanya tanggalnya yang berbeda.

Apakah negara-negara tersebut juga merayakan hari kemerdekaan mereka semeriah Indonesia? Mari simak apa saja yang dilakukan beberapa negara di dunia yang ‘berulang tahun’ di bulan Agustus ini.

Korea Selatan

Negeri Ginseng ini pernah mengalami penjajahan bangsa Jepang. Namun, pada 13 Agustus 1948, Korea Selatan berhasil menyatakan kemerdekaannya. Meskipun demikian, secara nasional, hari kemerdekaan Korea Selatan dirayakan pada tanggal 15 Agustus setiap tahunnya.

Seperti kita, Gwangbok jeol, sebutan bagi hari kemerdekaan Korea Selatan, dijadikan sebagai hari libur nasional. Biasanya, perayaan hari kemerdekaan Korea Selatan berupa upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan. Setiap gedung dan rumah juga mengibarkan Taegukgi, sebutan untuk bendera Korea Selatan. Sebagian besar museum dan tempat yang terbuka untuk umum memberikan tiket masuk gratis bagi keturunan atau keluarga para aktivis kemerdekaan. Transportasi publik dan kereta api juga memberikan perjalanan gratis kepada para keluarga aktivis tersebut.

Afganistan

Tentu Anda tidak menyangka, hari kemerdekaan Afganistan hanya selang beberapa hari saja dengan perayaan kemerdekaan Indonesia, yaitu 19 Agustus 2017. Afganistan berhasil meraih kemerdekaan dari Kerajaan Inggris pada tahun 1919. Saat ini, perayaan kemerdekaan di Afganistan sangat sederhana, hanya berupa parade militer dan pidato dari pemimpin negara di pusat ibu kota. Namun hari itu dijadikan hari libur nasional.

Gabon

Bangsa ini pernah dijajah oleh Perancis. Namun, barulah sekitar lebih dari seratus tahun kemudian, Gabon berhasil membebaskan diri dari jajahan Perancis. Tepatnya, pada tanggal 17 Agustus 1960, Gabon menyatakan kemerdekaannya. Ya, benar. Hari kemerdekaan Gabon sama dengan Indonesia. Bedanya, perayaan hari kemerdekaan di Gabon lebih banyak diisi dengan pawai dan tari-tarian. Acara tersebut digelar dalam waktu yang cukup lama, yaitu sebelum dan sesudah hari kemerdekaan.

Malaysia

Negeri jiran ini juga merayakan hari kemerdekaannya di bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 31 Agustus. Malaysia memang sempat berada di bawah penjajahan Inggris selama bertahun-tahun. Barulah pada tahun 1957, Malaysia bisa lepas dari jajahan Inggris. Hari Merdeka, itulah sebutan warga Malaysia terhadap hari kemerdekaannya. Hari tersebut dijadikan hari libur nasional.

Selama bulan Agustus, seperti Indonesia, warga Malaysia mengekspresikan rasa patriotisme dan cinta pada negara mereka dengan mengibarkan bendera di mobil, balkon, teras rumah, dan jalan. Setiap tahun, hari kemerdekaan diberi tema khusus, seperti My Glorious Malaysia, 1Malaysia: Transforming the Nation, dan lain-lain.

Pakistan

Satu lagi negara yang merayakan hari kemerdekaan pada bulan Agustus adalah Pakistan. Pakistan merdeka tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1947 dari penjajahan Inggris. Menariknya, Pakistan tumbuh dan berkembang sebagai salah satu negara muslim di kawasan Asia Selatan.

Pada hari itu, selain bendera Pakistan dikibarkan di berbagai tempat, juga ada karnaval, upacara pemberian penghargaan, pelantunan lagu-lagu perjuangan, dan acara budaya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments