1608

Cintai Budaya Sendiri, Percaya Diri Anak Meningkat

Budaya adalah identitas kita. Dengan mengenal, cinta, dan bangga pada budaya sendiri, dapat meningkatkan kepercayaan diri. Begitu pula dengan anak Anda. Rasa bangga terhadap kekayaan budaya negara kita, dapat membuat anak Anda tidak minder ketika harus pergi ke mancanegara dan bersosialisasi di sana. Karena itu, ajari anak untuk mencintai budaya Indonesia sejak dini.

Rasa cinta terhadap budaya sendiri juga bisa menjadi tameng agar anak tak terlalu terjerat oleh budaya asing yang mungkin tak sesuai dengan norma di sini. Memang, arus globalisasi tak bisa dilawan. Derasnya arus budaya modern yang merambah ke berbagai bidang turut menjadi andil.

Namun, Anda juga bisa turut menyebarkan kecintaan terhadap budaya nasional. Dimulai dari lingkungan terdekat, keluarga Anda sendiri, anak-anak Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai sumber ide:

Jadi sumber inspirasi

Orangtua layaknya guru pertama bagi anak. Jika Anda mencintai budaya lokal, anak Anda akan melihat hal itu dalam keseharian. Anda bisa memulainya dengan mendekor rumah dengan memasukkan unsur budaya nasional. Misalnya memberikan sentuhan batik pada interior, memasang miniatur rumah adat sebagai hiasan rumah, dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa menyediakan buku-buku cerita dan bergambar dengan subjek budaya nasional.

Berwisata ke pusat budaya

Jalan-jalan akan selalu menjadi aktivitas yang menarik bagi anak. Anda bisa mencoba mengajaknya ke tempat wisata yang mengandung unsur budaya lokal. Yang terdekat dari Bintaro dan terlengkap tentu saja Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Disana tersaji miniatur Indonesia yang bisa Anda jelajahi bersama keluarga. Bisa juga Anda mengajak anak ke sanggar-sanggar tari tradisional, acara-acara pagelaran musik daerah, pameran-pameran budaya lokal, dan semacamnya.

Menggunakan bahasa daerah dalam keseharian

Salah satu unsur budaya lokal yang perlu dilestarikan adalah bahasa daerah. Anda bisa tetap menggunakan bahasa asal daerah Anda dalam keseharian di rumah. Anak (terutama yang berusia di bawah 5 tahun) akan cepat mempelajari dan menguasai berbagai bahasa. Jadi selain berbicara dengan bahasa Indonesia dan mengajari anak bahasa Inggris, Anda tentu tetap harus mengenalkan anak pada kekayaan bahasa daerah. Selain turut melestarikan bahasa daerah, menguasai banyak bahasa akan menjadi nilai plus tersendiri bagi anak.

Tunjukkan apresiasi mancanegara terhadap budaya Nusantara

Anda bisa mulai mencari link atau kenalan orang asing yang mempelajari budaya Indonesia. Selanjutnya, ajaklah anak Anda untuk berkenalan dengan mereka. Anda pun bisa mengajak anak-anak berlibur ke Bali, Lombok, Banyuwangi, dan berbagai destinasi wisata lokal yang banyak didatangi wisatawan asing. Anak-anak akan melihat betapa berbinarnya para wisatawan asing ketika melihat kekayaan budaya Indonesia yang begitu indah beraneka ragam. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments