1508

3 Jurus Jitu Membuat Hobi Jadi Investasi

Hobi, apalagi yang mahal memang bisa membuat anggaran belanja bocor. Namun hobi bila dimanfaatkan, justru sebaliknya, bisa menambah tebal kantong Anda. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat hobi jadi salah satu sumber keuangan. Padahal sekali Anda mengetahui celahnya, pintu rezeki bisa terbuka lebar untuk Anda.

Tak ada yang lebih menyenangkan selain bekerja sesuai hobi. Hal seberat apapun akan terasa ringan ketika Anda menyukai dan mencintai apa yang Anda kerjakan. Karena itu, alih-alih mengeluarkan uang untuk hobi, ketahui jurus membuat hobi menjadi investasi. Berikut ini adalah cara-caranya.

1/ Tetapkan anggaran khusus. Demi hobi, terkadang Anda harus membeli atau memiliki sesuatu. Jadi, sebaiknya tentukan barang yang Anda inginkan. Jika nilainya terlalu besar, sebaiknya siapkan anggaran khusus tiap bulannya. Anda bisa mendapatkan hal-hal yang diinginkan dengan cara mencicil menabung. Hingga pada saat tabungan terkumpul, Anda bisa membeli perlengkapan hobi. Sebutlah contoh, oven besar untuk yang hobi memasak atau piano baru untuk yang hobi bermusik.

2/ Manfaatkan perlengkapan hobi. Memiliki hobi mengoleksi motor lawas sia-sia jika Anda hanya menyimpannya di rumah dan sesekali memolesnya. Cobalah memanfaatkan motor lawas ini sebagai motor sewaan untuk pemotretan prewedding atau perlengkapan syuting film. Perlengkapan menyelam pun bisa disewakan untuk kenalan yang ingin menjajal profesi penyelam. Tidak hanya mendatangkan rupiah, meskipun dengan embel-embel “sewa”, Anda bisa membantu menyediakan peranti bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Perlengkapan hobi pun beralih menjadi bentuk investasi.

3/ Kembangkan diri dan keluarkan potensi. Sayang, kan, kalau kelihaian Anda bermain musik hanya bisa didengar oleh Anda atau keluarga. Demikian juga jika melukis hanya terhenti pada kesenangan dan kepuasan diri sendiri. Mengapa Anda tidak membagikannya pada orang-orang di sekeliling Anda? Ada banyak hal yang bisa digali dari suatu hobi. Misalnya, selain kanvas, Anda bisa menggunakan media bahan atau sepatu untuk melukis. Siapa tahu banyak yang ingin meminta jasa Anda untuk melukis sepatu atau baju mereka. Karena itu Anda juga harus berpikir out of the box.

Jika Anda merasa belum percaya diri karena merasa kemampuan belum mumpuni, Anda pun bisa mencoba untuk mengasahnya lebih lanjut dengan mengikuti kursus. Janganlah terpaku pada usia yang mungkin saja sudah memasuki paruh baya. Jika Anda berniat melakukannya, lakukan hobi yang Anda suka dan kembangkan. Anda tidak akan tahu seberapa jauh kemampuan diri jika tidak mencobanya.

Pengembangan hobi menjadi investasi halangannya hanya ada pada diri sendiri. Jika Anda hanya memandang hobi sebagai kesenangan yang tak ingin dibagi, selamanya hobi tidak akan berkembang. Namun, jika Anda mau menggali lebih dalam seputar hobi, mempelajari dan menekuninya dengan serius, ada banyak peluang yang tersimpan di sana. Semuanya kembali pada keputusan Anda sendiri. Siapkah Anda berkomitmen tinggi mengembangkan hobi? [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments