1308

Trik Mendapatkan Hostel yang Murah dan Nyaman

Traveling ala backpacker memang seru. Anda bisa bebas memilih tempat dan waktu untuk jalan-jalan. Tak terikat seperti bila Anda bergabung dengan tur yang dikelola oleh agen travel. Namun konsekuensinya, Anda harus mencari sendiri penginapan dan transportasi. Backpacker biasanya mencari hostel atau penginapan yang murah. Agar tetap nyaman dan juga hemat, cari tahu trik mencari hostel.

Murah tak selalu berarti tak berkualitas. Begitu pula dengan hostel. Meski hostel tak sama dengan hotel, namun bila Anda rajin mencari (dan sedikit beruntung), Anda bisa mendapatkan hostel yang nyamannya hampir sama dengan hotel, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Di hostel Anda memang harus berbagi kamar dengan penghuni lain (kamar hostel biasa berisi 4-8 tempat tidur), namun hal ini bisa memiliki sisi positif. Misalnya, bisa berkenalan dengan traveler dari daerah lain maupun dari negara lain. Tentunya ini akan menambah teman dan koneksi bukan?

Nah, bagaimana memilih hostel yang terbaik dan sesuai dengan gaya backpacker Anda? Berikut tips yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan:

1/ Perbanyak informasi mengenai hostel-hostel yang direkomendasikan.
Anda bisa bertanya pada teman, saudara, kenalan, atau siapa saja yang Anda tahu pernah berkunjung ke tempat yang ingin Anda tuju, tentang hostel apa yang menurut mereka cukup nyaman. Atau Anda bisa memantau informasi ini di group backpacker, traveling, atau group jalan-jalan apa saja yang Anda ikuti. Catat semua nama-nama hostel yang direkomendasikan ke dalam wishlist Anda.

2/ Browsing website penyedia akomodasi populer.
Setelah wishlist terkumpul, mulailah browsing terkait hostel-hostel tersebut. Anda bisa browsing di agoda.combooking.com, dan berbagai website penyedia akomodasi populer lainnya. Bandingkan satu per satu hostel-hostel tersebut. Mulai dari harganya, lokasinya strategis atau tidak, seberapa dekat dengan moda transportasi umum (stasiun kereta, shelter bus, dll), fasilitas apa saja yang disediakan, ada breakfast-nya atau tidak, dan beragam informasi lainnya. Bandingkan satu per satu dan sesuaikan dengan bujet dan gaya travelling Anda.

3/ Pantau juga komentar yang ditinggalkan user terkait hostel-hostel tersebut.
Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah memantau komentar-komentar yang ditulis oleh customer. Hampir semua hostel memiliki review yang ditulis oleh orang yang pernah menginap di sana. Ini bisa Anda lihat di website penyedia akomodasi populer, yang biasanya memberikan jumlah bintang sesuai kepopuleran hostel dan banyaknya review. Anda bisa membandingkan satu komen ke komen lain, dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih hostel.

4/ Booking hostel secara online.
Setelah membandingkan satu per satu dan kemudian menjatuhkan pilihan, segera Anda booking kamar hostel tersebut secara online. Ketersediaan kamar hostel biasanya cepat sold out karena banyaknya permintaan dari para backpacker, terutama pada high season. Sering-seringlah browsing harga di situs-situs penyedia akomodasi populer. Karena harga-harga di sana bisa berubah sewaktu-waktu, bahkan dalam hitungan jam. Siapa tahu Anda sedang beruntung dan mendapat harga yang cantik. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments