0708

Cerdik Berbelanja dengan Bujet Minimal

Biaya makan atau belanja bahan kebutuhan pokok mungkin masuk ke peringkat paling atas anggaran pengeluaran Anda. Jumlahnya pun masuk ke tiga besar dana bulanan. Namun, bila Anda cerdik berbelanja, biaya untuk makanan bisa dipangkas semaksimal mungkin. Nah sisanya, dapat Anda alokasikan untuk kebutuhan lain atau Anda tabung.

Tanpa Anda sadari, pemborosan bisa terjadi ketika Anda berbelanja bahan makanan. Saat berada di supermarket misalnya, tangan Anda bisa  ‘tanpa disadari ‘ meraih barang-barang yang tidak Anda anggarkan. Misalnya, sekantong keripik kentang, sepotong coklat, atau sebotol minuman sari buah yang terlihat dingin menggiurkan.

Memang, untuk berada di jalur yang ‘benar ‘ perlu komitmen tinggi dari Anda. Sebelum melangkahkan kaki ke supermarket, simak tip-tip sederhana ini.

Makan dahulu. Perut yang kosong bisa membuat Anda gagal fokus. Apalagi bila Anda berada di supermarket dalam kondisi perut lapar. Wah, bisa-bisa semua makanan Anda borong. Makan sebelum berbelanja selain bisa menghindarkan Anda dari belanja berlebihan, juga membuat Anda memiliki energi untuk berbelanja. Pikiran Anda pun fokus pada daftar belanja.

Susun menu mingguan, mulai dari Senin hingga Minggu. Jika Anda menyusun menu mingguan, memperkirakan bujet belanja akan lebih mudah. Anda tahu jenis bahan makanan yang perlu dibelanjakan, jumlah dan takarannya, tanpa harus membeli berlebihan atau justru kurang.

Anda juga tahu kapan dan di mana harus berbelanja, karena beberapa supermarket umumnya mengadakan diskon produk pada hari-hari tertentu. Parkson Gourmet Mart Bintaro misalnya, memiliki program diskon harian berbagai kebutuhan Anda. Supermarket yang terkenal dengan bahan-bahan makanannya yang berkualitas dan selalu segar tersebut, memberikan diskon hingga 20% untuk buah dan sayuran pada hari Senin. Dan diskon hingga 20% untuk aneka daging dan makanan laut pada hari Kamis. Pada hari Minggu juga ada kejutan harga spesial untuk produk makanan dan non-makanan.

Buat daftar belanja. Ketika menyusun daftar belanja, menu mingguan bisa jadi patokan. Anda bisa memilih jenis-jenis bahan makanan yang bisa disimpan lebih lama dari daftar belanja. Dalam menyusun daftar belanja ataupun berbelanja, pastikan untuk menempatkan prioritas paling atas. Misalnya, ada pilihan antara beras dan margarin. Jika bujet terbatas, prioritaskan membeli beras terlebih dulu dan barulah membeli margarin ketika dana sisa belanja masih cukup.

Beli banyak saat harga turun. Ketika melihat produk dengan harga yang lebih murah, Anda bisa membeli dalam jumlah yang sedikit lebih banyak. Ayam misalnya, saat ada diskon Anda bisa membeli dua ekor untuk stok seminggu. Anda bisa mengungkep ayam tersebut dengan bumbu, lalu menyimpannya di dalam freezer. Dengan cara ini, ayam bisa bertahan lebih lama. Atau Anda bisa mengkreasikan menjadi nugget yang disukai anak-anak. Sayur seperti brokoli, juga bisa Anda rebus sebentar di air mendidih, lalu masukkan ke dalam air es. Setelah itu, tiriskan, masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer.

Simpan nota belanja. Dan hitung kembali ketika mendekati akhir bulan. Jadi, Anda bisa tahu pengeluaran Anda setiap bulan dan bisa menganalisis pos-pos yang perlu dihemat. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments