0308

Trik Mudah Membuat Apartemen Tampak Lebih Luas

Di sekitar Bintaro mulai tumbuh beberapa bangunan apartemen. Sebut saja, Apartemen Emerald Bintaro, The Accent, Bintaro Plaza Residences, atau Bintaro Park View. Sebagai hunian, apartemen memang praktis. Apalagi bagi Anda yang belum memiliki anak. Ditambah lagi umumnya apartemen memiliki fasilitas yang cukup lengkap, atau berada dekat dengan pusat perbelanjaan. Harganya pun relatif lebih murah dibanding dengan rumah.

Namun luas apartemen yang berkisar antara 30-70 meter persegi seringkali terkesan sempit. Terlebih bila Anda memilih tipe studio. Aktivitas pun seolah terbatas. Meskipun demikian, ada sejumlah trik untuk menyiasati ruang apartemen yang tak seberapa luas agar tampak lebih lapang. Salah satu kuncinya terletak pada pemilihan warna, mulai dari warna cat dinding.

Paling aman memang menggunakan warna putih. Bisa jadi, karena seringnya pemakaian warna putih sebagai cat dinding, warna ini jadi terkesan membosankan. Namun, jangan salah. Warna putih justru memiliki keunggulan dapat memberikan kesan ruangan yang lebih lapang.

Ditambah dengan penerangan yang pas, warna putih akan lebih efektif dalam memantulkan cahaya. Ruangan pun akan tampak lebih cerah dan lebih luas. Kesan terbuka dan terang hadir dalam apartemen mungil Anda. Soal pemilihan perabotan dan dekorasi, Anda pun tidak perlu khawatir. Dengan dinding putih, Anda bisa memilih beragam jenis warna untuk mengisi hunian apartemen. Akan tetapi, jika jenuh dengan warna putih, berikut ini adalah beberapa varian warna sebagai alternatif untuk apartemen.

Krem

Jika ingin ruangan apartemen tampak lebih luas tetapi tetap terkesan hangat, warna krem cukup ideal. Masih menyuguhkan suasana terang, warna krem sebagai cat dinding bisa menyajikan suasana yang lebih akrab dan hangat saat malam hari.

Pilihan cat dinding warna krem bisa diterapkan untuk Anda yang telah berkeluarga. Warna ini juga serasi dipadukan dengan hunian yang bernuansa alami atau natural. Bahkan, Anda pun bisa berkreasi dengan menambahkan wallpaper di salah satu sisi dinding agar interior lebih “hidup”.

Abu-abu

Warna ini bisa menjadi alternatif warna dinding lainnya jika Anda menginginkan warna netral dalam ruangan tanpa mengesankan apartemen seolah sempit. Warna abu-abu muda ini juga sangat pas bagi Anda penyuka gaya interior modern-minimalis.

Dinding yang berwarna abu-abu muda cocok jika dipadukan dengan furnitur dan elemen dekoratif ruangan yang bernuansa logam. Penyuka warna monokromatik juga bisa memilih warna cat dinding ini. Dengan penerangan yang tepat, dinding abu-abu muda pun bisa mengesankan area apartemen yang lebih luas.

Kuning

Penggemar warna kuning bisa jadi tidak begitu banyak karena terkadang kuning dianggap terlalu mencolok. Padahal, kurang tepat. Warna kuning lembut yang menyelimuti apartemen Anda adalah opsi yang pas untuk membuat ruang apartemen yang tampak sempit dan gelap menjadi lebih terang dan lapang. Kuncinya terletak pada pengaturan pencahayaan dan pemilihan perabotan.

Untuk mengusir kesan kekanak-kanakan atau kejenuhan dengan dinding kuning muda, Anda bisa bermain di pemilihan perabotan dan furnitur. Anda bisa memilih warna-warna netral untuk furnitur seperti cokelat gelap, hitam, atau putih dan polos. Hindari terlalu banyak memainkan motif di ruangan serbakuning muda agar tampilan ruangan lebih elegan.

Biru muda

Warna ini kerap menjadi warna favorit banyak orang. Biru muda juga terbilang warna netral dan leluasa untuk dipadu-padankan beragam warna. Untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis, biru muda bisa menjadi warna penyejuk dari terpaan sinar matahari di luar apartemen. Dengan nuansa biru muda, apartemen mungil Anda pun bisa menjadi oase di sudut pencakar langit. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments