0108

Jadi Mama Anti-Gaptek, Usaha Sukses

Berkarier dari rumah dengan membangun usaha memang bisa jadi salah satu pilihan terbaik bagi mama yang ingin lebih sering bersama buah hati, namun juga tetap berpenghasilan. Anda pun bisa menggunakan internet sebagai media berpromosi, sehingga tak perlu keluar rumah. Namun konsekuensinya, Anda harus menguasai gadget atau gawai.

Selama ini Anda hanya menggunakan gawai untuk telpon dan pesan singkat? Jangan malu untuk bertanya pada anak. Ya, anak jaman sekarang kadang lebih jago dari Anda dalam soal mengoperasikan gawai atau menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal.

Demi kelancaran usaha, mama perlu eksis dan progresif dalam menggunakan gawai. Agar Anda tidak mendapat stigma gaptek, cermati hal-hal yang bisa menunjang usaha Anda.

  • The power of social media. Jika Anda menginginkan produk usaha menjadi viral, kuncinya adalah media sosial. Anda perlu memanfaatkan seluruh media sosial, mulai dari Instagram, Facebook Fanpage, Path, dan Youtube. Anda juga bisa mengikuti komunitas bisnis di Bintaro, seperti komunitas Bintaro Bazaar yang berbasis Facebook. Sebelum diunggah, pastikan Anda telah mengemas produk usaha seapik mungkin agar menarik para netizen. Gunakan tanda hashtag (#) yang relevan dan gunakan sebanyak mungkin. Agar tidak ditinggal pengikut (follower), rajin-rajinlah memperbarui (update) tampilan dalam media sosial Anda.
  • Grup jualan. Media komunikasi pesan singkat seperti WhatsApp, Line, Kakaotalk, dan Telegram pun tak boleh dipandang sebelah mata. Bentuklah grup dalam media pesan singkat ini agar Anda lebih mudah dalam menyampaikan produk-produk usaha dan interaksi bisa berjalan lebih efektif. Pancinglah interaksi di dalamnya agar grup pesan singkat selalu hidup dan aktif. Jika informasi usaha Anda menarik, bisa jadi anggota dalam grup pesan singkat akan menyebarkan informasinya ke koneksi di grup pesan singkat lainnya. Ini akan membuat jejaring Anda semakin bertambah.
  • Tanya pada anak. Jangan segan bertanya pada anak-anak Anda tentang penggunaan gawai. Namun, Anda sendiri juga sebaiknya aktif memperbanyak informasi dan keahlian dalam menggunakan gawai. Caranya bisa dengan mencari tahu tentang tips-tips menggunakan gawai di internet atau cara memaksimalkan fitur-fitur pada smartphone Jika Anda lebih menguasai gawai dibandingkan anak-anak, Anda pun cenderung akan lebih mampu mengawasi pemakaian gawai pada anak.
  • Lengkapi fitur pengaman. Faktor keamanan menjadi salah satu isu penting ketika Anda membangun usaha dengan gawai. Ancaman black hat hacker kapan saja bisa terjadi. Melengkapi gawai dan perangkat internet dengan antivirus dan anti-malware bisa jadi belum cukup. Jika perlu, Anda menyewa atau mempekerjakan pakar khusus dalam bidang IT, apalagi jika Anda melayani transaksi via daring (online). Sedikit usaha memang diperlukan. Namun, jika hal ini dapat menjamin keamanan pelanggan, cara ini dapat meningkatkan kunjungan ke website usaha Anda.
  • Jangan lengah. Meskipun Anda telah menguasai gawai dan mengelola usaha dari rumah dengan baik, tetaplah waspada dan teruslah belajar. Kuasailah sesuatu yang baru, termasuk dalam teknik atau perkembangan teknologi terkini, yang mampu mendongkrak gerak usaha Anda. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments