foto ubah rumah jd restoran

Perlu Diperhatikan Ketika Mengubah Rumah Jadi Restoran

Bila dicermati, beberapa restoran atau kafe yang ada di sekitaran Bintaro awalnya merupakan rumah atau hunian biasa. Misalnya, Warung Kemuning yang ada di sektor 5, Warung Teraz di sektor 9, atau Kopi Manyar di sektor 2, Bintaro Jaya. Karena berasal dari sebuah rumah, restoran atau kafe ini umumnya memiliki bentuk yang unik dan terasa homey.

Kelebihan lain, dengan menjadikan rumah sendiri sebagai salah satu aset usaha, permodalan pun bisa jadi lebih ringan. Bujet yang harus Anda keluarkan untuk menyewa tempat bisa Anda alihkan ke menu atau makanan. Sehingga makanan Anda bisa dijual dengan harga yang lebih murah, namun dengan rasa yang tak kalah dengan restoran mahal.

Jika Anda tertarik berbisnis kuliner dengan menggunakan rumah Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mengubah rumah menjadi tempat usaha mungkin terlihat mudah. Tinggal renovasi, jadi. Namun, nyatanya menyiapkan rumah menjadi tempat usaha bisa lebih rumit dibandingkan yang Anda bayangkan.

Untuk itu, berikut ini adalah sejumlah patokan menyangkut rencana mengubah rumah pribadi menjadi restoran.

– Menyusun cetak biru. Idealnya, ini memang dilakukan arsitek atau konsultan untuk hasil maksimal. Akan tetapi, kembali ke prinsip hemat, kita harus mencoba membuat perencanaan tata ruang yang baik. Semua harus diatur sedemikian rupa untuk mengakomodasi semua fasilitas untuk restoran. Misalnya, mulai dari penataan halaman bagi kendaraan pengunjung, ruang utama restoran, ruang dapur, toilet, wastafel umum, hingga mushola. Selain itu harus dipertimbangkan pula mengenai tata pencahayaan, sirkulasi udara, dan keluasan akses gerak bagi pengunjung dan waitress atau pelayan restoran nantinya.
– Tentukan jenis restoran dan rencana menu yang akan disediakan. Banyak macam jenis restoran rumahan, dari mulai yang sederhana hingga yang bergengsi tinggi. Kita tentu sudah harus melakukan survei pendahuluan sebelum perencanaan awal. Hal ini sangat berhubungan dengan bujet yang akan dialokasikan.
– Tahap renovasi. Lakukanlah renovasi rumah sesuai selera kita dan persiapkan dana yang telah diperhitungkan sebelumnya. Sebaiknya jangan terlalu mengubah tampilan rumah aslinya, terutama jika rumah Anda memiliki keunikan desain tersendiri. Biasanya pengunjung malah mencari suasana khas rumah karena bisa memberikan kenyamanan. Paling penting, melengkapinya dengan meja dan kursi sesuai konsep restoran kita, perlengkapan makan dan minum, serta dekorasi yang sekreatif mungkin.
– Mengurus perizinan. Meskipun berada di rumah sendiri, karena properti kita beralih fungsi, maka kita tetap harus mengurus perizinan yang diperlukan. Di antaranya, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), Surat Izin Tempat Usaha, Izin Gangguan/HO, serta Tanda Daftar Perusahaan.
 Melengkapi kebutuhan dapur semaksimal mungkin. Selain melengkapi peralatan dapur, perlu dipastikan bahwa tenaga masak dan waitress atau pelayan sudah siap sedia melaksanakan tugasnya.

Setelah semua persiapan selesai dilakukan, restoran Anda tinggal menunggu tanggal mainnya untuk buka serta mempromosikannya. Namun sebelum itu, penting untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar tentang keberadaan restoran kita nantinya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments