foto2707

Bebasnya Warna Ala Bohemia

Santai. Bebas. Artistik. Berani.Warna-warni. Kata yang melekat pada gaya Bohemia. Gaya yang kebanyakan dianut oleh para seniman, musisi, dan orang-orang yang menginginkan hidup bebas tanpa ikatan aturan ini, bisa Anda aplikasikan pada hunian Anda. Menjadikan rumah Anda tampak santai namun artistik.

Dalam desain hunian, gaya Bohemia umum diterjemahkan dengan pilihan tekstur yang beragam dan menonjol, bahkan terkadang cenderung kasar. Warna-warni pada material kain, tidak jarang justru tabrak warna. Terakhir adalah kesan santai dan kental dengan sentuhan alami. Tidak ada pakem spesifik untuk Bohemia. Anda pun bahkan bisa memunculkan gaya Bohemia dari perpaduan batik pesisir.

Warna dasar

Namun, meskipun gaya Bohemia kental dengan kesan yang berwarna-warni, dalam mengecat hunian, Anda pun perlu trik agar kesan Bohemia ini terlihat menonjol. Salah satunya dalam pemilihan cat dinding dalam rumah.

Berbagai sumber menyebutkan Bohemia sering identik dengan warna-warna “kuat” dan berunsur alam. Misalnya, cokelat, merah bata, jingga, merah cabai, kuning, dan hijau. Akan tetapi, tentu pengecatan dinding tidak harus menggunakan warna-warna tersebut. Justru agar identitas Bohemia kian terasa, sebaiknya pilih warna dinding yang netral.

Misalnya, putih. Dinding yang putih bersih akan menjadi latar yang apik untuk perabotan, furnitur, dan aksesoris hunian ala Bohemia yang berwarna-warni. Jika Anda kurang menyukai warna putih, warna-warna lainnya juga bisa menjadi alternatif. Misalnya, krem dan kuning muda. Tetap saja, daya tariknya akan sedikit berbeda jika Anda menerapkan warna putih sebagai latar.

Keunggulan dinding warna putih, ketika ingin memajang patchwork ala Bohemia atau karya seni berwarna mencolok, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan kecocokannya. Putihnya dinding bisa bersanding dengan ornamen atau elemen dekoratif warna-warni dalam ruangan.

Aplikasikan warna putih pada dinding dan lantai sebagai warna dasar. Di atasnya, Anda bisa menata furnitur bermodel santai, karpet bercorak khas Timur Tengah, atau beragam warna karya seni tanpa perlu merasa khawatir akan tidak cocok.

Tak ada benar-salah

Memadukan warna-warna yang mencolok pastilah menjadi tantangan tersendiri. Namun, karena gaya Bohemia ini membebaskan orang yang menyukai seleranya, Anda pun bisa bereksperimen. Website Houzz.com menyebut, tidak ada warna yang “salah” dalam gaya Bohemia. Anda bisa memadukan warna cokelat tanah, merah, dan oranye sekaligus. Atau menyandingkan ungu, biru, dan hijau (walau terlihat tak biasa), dalam gaya Bohemia.

Berikan sentuhan alam. Misalnya, tanaman di sudut ruangan. Atau bisa juga menggunakan furnitur lawas yang menonjolkan serat-serat kayu. Ini akan menguatkan kesan alami dalam hunian bergaya Bohemia Anda, tanpa harus repot-repot mengganti atau membeli perabotan baru yang serbamewah dan mahal. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments