foto2507

Cara Elegan Ucapkan Selamat Tinggal Kantor Lama

Berpindah tempat kerja merupakan momen penting dalam kehidupan profesional seseorang. Apalagi jika Anda telah bekerja lebih dari 5 tahun di suatu kantor. Apapun alasan pindah kerja, Anda tetap harus meninggalkan kesan yang baik di tempat kerja lama. Karena selain menjadi bagian dari portfolio profesional, siapa tahu kelak Anda harus bekerja sama lagi dengan rekan kerja lama atau bos Anda saat ini.

Berpindah kerja memang tak mudah, ada aturan tertulis dan etika yang harus Anda ikuti agar proses tersebut berjalan mulus. Jangan sampai Anda meninggalkan “kerikil” yang akan menodai citra Anda. Hal ini penting, terutama bila Anda pindah kerja ke perusahaan lain namun masih di bidang yang sama. Untuk itu, simak cara melepaskan diri dari pekerjaan lama dengan sopan dan elegan

1/ Persiapan matang sedari awal

Anda tentu sudah melalui proses pemikiran dan pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk mencari kerja baru. Lihatlah secara obyektif keinginan Anda, apakah Anda pindah kerja untuk mencari suasana baru, tantangan baru, ingin menemukan yang lebih sesuai passion Anda, atau pindah kerja karena masalah tertentu? Apabila keinginan bersumber dari diri sendiri yang ingin berkembang, tentu Anda bisa lanjut ke tahap persiapan berikutnya. Namun, bila sumbernya adalah problem di lingkungan kerja, selesaikanlah dulu persoalan sebaik mungkin.

2/ Utarakan keinginan resign pada atasan langsung
Tidak mengutarakan keputusan untuk resign hingga menjelang hari H masuk kerja di tempat baru memang bisa-bisa saja. Namun, alangkah baiknya bila Anda “bercerita” kepada atasan langsung dari jauh-jauh hari. Selain membantu perusahaan untuk bersiap-siap mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan, mengobrol dengan atasan akan memberikan sudut pandang lain bagi Anda.

3/ Menyerahkan surat resmi pengunduran diri
Setelah yakin resign dan sudah mendapatkan pekerjaan baru, Anda harus menulis dan menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi. Berikan jeda antara waktu penyerahan surat dengan saat Anda benar-benar keluar dari perusahaan. Umumnya sekitar 1 bulan.

4/ Membereskan semua tanggung jawab
Selama rentang waktu sebelum pindah kantor, gunakan waktu untuk menyelesaikan semua tanggungan pekerjaan Anda. Selain itu, delegasikan tugas Anda kepada rekan kerja lain sesuai instruksi atasan atau ajari orang lain yang akan menggantikan posisi Anda. Ikuti aturan tertulis perusahaan yang berkenaan dengan tata cara pengunduran diri.

5/ Mengadakan “farewell party”
Banyak perusahaan yang memiliki tradisi farewell party atau pesta perpisahan bagi karyawan yang hendak resign. Jika tidak ingin bermewah-mewah atau pesta pora, Anda bisa membawakan “sesuatu” untuk dinikmati bersama teman-teman kantor, atasan, dan anggota keluarga besar kantor lainnya. Cara ini akan menunjukkan itikad baik Anda untuk tetap berhubungan baik dengan semua orang di kantor lama. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

 

Comments

comments