foto2007

Menghadirkan Nuansa Klasik Dalam Hunian

Gaya klasik selalu memiliki tempat tersendiri, karena tak pudar oleh waktu. Begitu pula bila gaya ini diterapkan dalam hunian. Ruang dengan desain klasik akan menampilkan kesan elegan. Namun bila Anda tak pintar memadupadankan warna, baik dari dinding, furnitur, hingga aksesori, desain klasik bisa membosankan.

Umumnya, untuk menciptakan kesan klasik dalam hunian, orang memilih warna putih sebagai cat dinding. Lalu, menambahkan furnitur berwarna gelap. Putih memang warna yang tepat untuk hunian klasik. Furnitur klasik pun memang kebanyakan bernuansa gelap seperti cokelat tua hingga hitam. Dengan latar putih, furnitur ini akan tampil lebih atraktif. Namun mengandalkan dua warna ini, bisa membuat ruangan jadi terkesan kaku.

Untuk membuat desain klasik lebih lembut, Anda bisa memadukan warna putih dengan warna lain. Apalagi putih termasuk warna yang “rukun” jika dipadukan dengan beragam jenis warna lainnya. Meskipun demikian, sebaiknya hindari terlalu banyak mengaplikasikan warna-warna pastel di sekitar warna putih, karena kesan klasik justru akan pudar dan bisa jadi kesan shabby chic yang muncul. Bisa juga tampilan interior akan terasa lebih modern. Tentunya Anda tidak ingin salah gaya desain bukan?

Warna lain

Putih bolehlah jadi pilihan utama. Namun, kita tidak bisa menampik pesona warna lain dalam hunian bergaya klasik seperti krem atau beige. Sepintas, warna krem terkesan netral seperti warna putih. Namun, nuansanya akan berbeda ketika Anda mulai mengaplikasikan warna ini di sejumlah titik. Misalnya, tirai, sarung bantal, pintu, dan jendela.

Warna krem mampu memberikan aksentuasi dalam ruangan dengan cara yang tidak terlalu mencolok. Ada kesan hangat dan akrab di balik warna krem. Layaknya putih, krem pun bisa dipadukan dengan beragam jenis warna lainnya, terutama warna-warna gelap. Sebaliknya, jika krem terlalu banyak disandingkan dengan warna-warna pastel, hasilnya pun akan kurang maksimal karena daya tarik warna krem menurun.

Selanjutnya, biru pucat. Warna ini terbilang berisiko tinggi. Jika Anda tidak pandai dalam menata ruangan atau elemen dekorasinya dengan warna biru pucat, justru yang muncul adalah warna yang kusam, redup, dan tidak “hidup”. Namun, dengan penataan dan paduan warna yang tepat, warna biru pucat bisa menghadirkan suasana klasik ala Inggris dalam hunian Anda.

Sementara itu, warna kuning kerap dihindari karena bisa menimbulkan kesan membosankan. Akan tetapi, justru dalam hunian bergaya klasik warna kuning bisa menguatkan nuansa klasik. Apalagi jika pilihan Anda adalah warna kuning emas yang menghadirkan kemewahan dalam ruangan.

Warna cokelat dan hitam kerap kita temui dalam pilihan furnitur atau perabotan yang bergaya klasik. Dengan furnitur bergaya era Victoria, suasana mewah pun akan tercipta. Pilihan warna gelap seperti cokelat tua dan hitam akan membawa suasana klasik yang elegan.

Gaya klasik memang mengusung warna istimewanya tersendiri. Namun, tidak lantas Anda tidak bisa memasukkan unsur personalitas dalam hunian. Jika Anda memfavoritkan warna ungu, berikan sentuhan ungu dalam interior klasik Anda. Misalnya dalam tirai atau karpet. Jangan pula ragu memajang foto pribadi atau foto keluarga dengan bingkai klasik yang berukir pada dinding rumah Anda. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments