foto1406

Si Paruh Bengkok yang Jadi Primadona

Tingkah lakunya sering berisik ketika sangat bersemangat. Mengepak-kepakkan sayapnya meski tak hendak terbang. Jika terbang pun, burung ini tak suka tinggi-tinggi. Ia lebih suka terbang rendah tak berlama-lama agar bisa kembali ke pundak tuannya. Sebutan bekennya didapat dari bentuk paruhnya yang sangat khas, melengkung ke bawah. Paruh bengkok. Namun, orang lebih mengenalnya dengan sebutan lain, yaitu macaw.

Saat menatap macaw pertama kali, mungkin Anda akan terperangah. Burung peliharaan ini tubuhnya lebih besar dibanding burung peliharaan biasa. Panjang macaw dewasa dari kepala sampai ujung ekor bisa mencapai 90 cm atau hampir 1 meter. Masih satu keluarga dengan kakatua, macaw memang tampak mirip dengan kakatua. Bedanya, macaw cenderung tidak berjambul atau “bermahkota” seperti kakatua.

Meskipun bertubuh bongsor dibandingkan spesies lainnya dalam satu famili, kebanyakan jenis macaw bisa dijinakkan dan menjadi sahabat manusia.

Warna-warni

Bulu-bulu yang berwarna-warni membuat banyak orang jatuh hati pada burung ini. Belum lagi kejinakkannya yang membuat macaw bisa menjadi teman bermain manusia atau pengusir rasa sedih dengan tingkah polahnya yang menggemaskan.

Kalau Anda ingat, salah satu merek pensil warna yang terkenal, menggunakan gambar macaw warna merah dalam kemasannya. Warna merah menyala itulah yang menjadi identitas burung macaw yang banyak ditangkar dan dipelihara. Macaw scarlet sebutannya.

Seperti namanya, macaw ini memiliki bulu-bulu warna merah scarlet yang mendominasi hampir seluruh bagian tubuhnya. Tidak seluruhnya berwarna merah, burung macaw scarlet biasanya memiliki bulu-bulu kuning atau hijau pada bagian sayapnya.

Selain macaw scarlet , jenis macaw lainnya yang bisa ditangkarkan atau dibiakkan serta dipelihara adalah golden blue macaw atau banyak orang Indonesia menyebutnya macaw kuning-biru. Ya, bisa ditebak, macaw ini mempunyai bulu-bulu warna kuning dan biru. Warna-warna cerah ini membuat macaw kuning biru tak kalah cantik dengan macaw scarlet.

Asli Amerika

Berasal dari kawasan Amerika Selatan, macaw telah tersebar dan dibiakkan di berbagai belahan dunia. Di antaranya negara-negara di kawasan Eropa, Amerika, Australia, hingga Asia. Anda pun bisa mendapatkannya di sejumlah toko hewan peliharaan ataupun membeli secara online.

Jangan khawatir akan melanggar regulasi hewan langka. Tidak semua macaw tergolong satwa yang dilindungi. Golden blue dan scarlet macaw termasuk macaw yang lebih mudah ditemukan, dibiakkan, dicari, dan dilatih agar jinak pada manusia. Sementara itu, contoh jenis macaw yang dilindungi adalah hyacinth macaw yang hampir seluruh tubuhnya berselimutkan bulu-bulu warna biru.

Sekali lekat dengan seseorang, macaw akan setia pada orang tersebut dan akan selalu kembali meskipun sangkarnya dibuka. Usia macaw bisa mencapai 50 tahun atau bahkan lebih. Kunci agar macaw bisa berumur panjang antara lain dengan sering-sering mengajaknya berinteraksi. Misalnya, mengelus bulu-bulunya atau hanya sekadar bermain dengan macaw.

Harga macaw bervariasi tergantung usia dan jenisnya. Namun, kebanyakan macaw dijual mulai dari harga Rp 5 juta hingga puluhan juta rupiah. Harga ini memang lebih mahal dibandingkan sejumlah hewan peliharaan lainnya. Namun, cinta dan sayang tak terbatas materi. Seperti sayang Anda yang akan langsung muncul begitu bermain bersama macaw dan mengelus bulu indahnya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Intagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments