foto0607

Hadirkan Kehangatan Mediterania Lewat Warna

Ingin mengganti warna cat rumah? Pertimbangkan warna-warna Mediterania. Rona ini cocok dengan kondisi wilayah kita yang berlimpah sinar matahari. Membuat hunian Anda terasa hangat dan akrab.

Mediterania identik dengan negara-negara di sekitar kawasan Laut Mediterania. Sebutlah Yunani, Spanyol, Perancis, dan Italia. Lokasi di Eropa Selatan membuat kawasan ini berlimpah sinar matahari hampir sepanjang tahun. Rata-rata suhu udaranya pun lebih hangat dibandingkan kawasan Eropa lainnya. Kondisi ini memengaruhi gaya desain dalam bangunannya. Anda pun bisa menampilkan hunian dengan sentuhan Mediterania, mulai dari pemilihan warnanya.

Rumah-rumah di kawasan Mediterania umumnya berdesain melebar dengan bukaan cukup banyak sehingga membuat sinar matahari menerobos masuk ke dalam ruangan dengan bebas. Atap warna merah bata menjadi identitas lainnya. Kesan yang tertangkap dalam interiornya pun terasa santai dan nyaman. Sentuhan alami terasa di berbagai sudut ruangan.

Kategori warna

Homeguides.com mendefinisikan warna-warna Mediterania menjadi sejumlah kategori. Pertama, warm tones. Warna-warna yang digunakan dalam rumah bergaya mediterania biasanya mengesankan sesuatu yang hangat serta natural. Contohnya adalah warna jeramin, pasir kecokelatan, hingga cokelat tua. Warna-warna hangat lainnya antara lain merah bata dan jingga muda. Sentuhan warna-warna ini akan membawa nuansa yang nyaman dan hangat.

Kedua, cool colors. Laut Mediterania yang berwarna biru jernih hingga biru toska di bawah langit biru cerah memberikan inspirasi sentuhan warna pada huniannya. Termasuk dalam golongan warna-warna dingin ini antara lain, biru langit, biru muda, dan biru kehijauan. Warna-warna putih yang terinspirasi awan-awan putih serta kesegaran buih-buih laut juga kerap digunakan sebagai warna interior maupun eksterior.

Ketiga, warna eksterior khas negara. Beberapa negara Mediterania mempunyai warna khas dalam huniannya. Sebutlah Spanyol dengan warna krem dan merah bata, Italia dan Perancis yang menggemari warna krem kecokelatan, serta Yunani yang sebagian warganya memiliki rumah yang bercat putih.

Terapkan bagi hunian

Rumah bergaya Mediterania juga cocok diterapkan di Indonesia, khususnya Bintaro, yang memiliki iklim hangat dan sinar matahari yang melimpah. Namun, jika Anda tidak ingin terlalu kental mengusung gaya ini, Anda bisa mengambil sejumlah nuansanya.

Untuk mengaplikasikannya dalam hunian, Anda bisa memilih salah satu dari warna-warna Mediterania sebagai warna cat dinding utama. Misalnya, putih, krem, dan biru muda. Tidak hanya bagian luar, bagian interior pun bisa diberikan sentuhan warna Mediterania.

Contohnya, Anda menempatkan sofa warna krem dengan bantal-bantal sofa merah bata. Hamparkan karpet rajut dengan perpaduan warna cokelat tanah, merah, oranye, dan krem. Untuk tirai, Anda bisa memilih warna putih atau krem.

Warna biru muda atau toska bisa dihadirkan dalam aksesori ruangan. Tempatkan tanaman hias dalam ruangan untuk menghadirkan kesan asri dan alami. Jangan biarkan jendela tertutup rapat sepanjang hari. Bukalah jendela sesekali dan biarkan sinar matahari memberikan penerangan alami dalam hunian Anda. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments