foto1

Lokasi Baru “Dog Walking” di Bintaro

Dog walking atau acara berjalan-jalan bersama anjing kesayangan ternyata memiliki segudang manfaat. Apalagi jika tempat untuk dog walking aman dan nyaman. Kini di Bintaro telah tersedia tempat khusus bagi dog walking. Anda bisa ikut keseruan dan berbagi informasi dengan sesama pencinta anjing di Bintaro.

Seperti yang berlangsung Sabtu (1/7) pagi. Hembusan udara pagi yang masih terasa sejuk di Bintaro, membuat sebagian warga, terutama yang baru pulang mudik, enggan beranjak dari kamar. Namun, sepagi itu, keriuhan sudah terjadi di area valet parking Talaga Sampireun. Tapak-tapak keempat kaki berbulu dan gonggongan riang terdengar di sana. Hari itu, Bintaro Dog Lover (BDL) merayakan terbukanya tempat baru untuk dog walking. Para pemilik anjing yang tergabung dalam BDL beserta anjing-anjingnya menikmati suasana baru dog walking kali ini.

Menurut perwakilan dari tim event BDL Magdalena Atmadja, yang akrab dipanggil Magda, awalnya lokasi dog walking BDL ada di bagian depan luar kompleks perkantoran Indy Bintaro. Setelah mengajukan permohonan ke pengelola Bintaro Jaya pada  kuartal pertama 2017, akhirnya BDL mendapatkan izin untuk menggunakan area valet parking Talaga Sampireun setiap Sabtu pagi pukul 07.00-09.00 WIB. Dengan menempati lokasi baru, aktivitas dog walking semakin leluasa.

“Lokasi baru ini lebih aman untuk anjing karena posisinya lebih masuk ke dalam dan menjauhi jalan raya. Selain itu, tempat ini juga lebih sejuk dan teduh karena banyak pepohonan,” kata Magda.

Segudang manfaat

Senangnya mempunyai tempat untuk dog walking yang lebih aman dan nyaman.

Aktivitas dog walk atau dog walking sepertinya sederhana, mengajak anjing kesayangan berjalan-jalan di sekitar rumah. Meskipun demikian, menurut Magda, dog walking adalah latihan dasar untuk kepatuhan anjing. Dalam dog walking, anjing dilatih untuk berjalan di samping pemiliknya. Jadi, bukan di depan atau belakangnya.

Dengan tali atau rantai, gerak-gerik anjing akan lebih terkontrol. Anjing tidak akan sembarang berkeliaran tanpa arah. Pemilik anjing pun bisa mengendalikan agar anjing kesayangannya tidak sembarang memakan sesuatu di sepanjang perjalanan. Magda mengatakan, dog walking idealnya dilakukan pagi atau sore setiap hari. Sementara itu, durasi untuk dog walking bisa berbeda-beda, tergantung jenis anjing yang dipelihara.

“Contohnya, anjing jenis siberian husky harus lebih banyak diajak jalan-jalan karena di tempat aslinya, mereka menjadi hewan penarik kereta salju. Tapi, untuk jenis anjing kecil seperti chihuahua, bermain-main di dalam ruangan atau teras rumah sudah terbilang cukup,” jelas Magda.

Manfaat dog walking ini cukup banyak. Anjing menjadi lebih mengenal lingkungan di luar tempat tinggalnya selama ini. “Ini juga salah satu bentuk olahraga, baik untuk anjing maupun pemiliknya. Jadi, dog walking ini juga menyehatkan keduanya,” terang Magda.

Sarana edukasi

Dengan berkumpul bersama dalam satu komunitas, pemilik anjing bisa mengajarkan anjingnya untuk bersosialisasi dengan anjing lainnya. Dalam kegiatan dog walking oleh komunitas BDL, terjadi pertukaran info dan pengetahuan seputar perawatan dan penanganan anjing peliharaan. Dog walking oleh komunitas BDL ini juga sekaligus menjadi sarana edukasi untuk para pemilik anjing tentang cara menjaga kebersihan lingkungan jika membawa anjing berjalan-jalan. Contoh sederhananya adalah membawa kantong plastik untuk tempat kotoran anjing.

Pemilik anjing disarankan juga membawa botol air berisi minuman untuk anjingnya. Beraktivitas di luar ruangan bisa membuat anjing kelelahan dan kepanasan. Untuk mencegah heat stroke pada anjing, sebaiknya berikan minuman untuk anjing secara berkala saat dog walking.

“Buatlah dog walk menjadi momen yang fun untuk anjing Anda,” pungkas Magda. Dan tentu saja, untuk Anda juga. [KUL]

 

Foto-foto: dok. Bintaro Dog Lover

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments