foto2806

3 Hal yang Sering Terlewatkan Saat Memelihara Hewan

Memelihara hewan peliharaan tak hanya soal memberi makan, menyediakan tempat tinggal, lalu sesekali mengajak mereka bermain. Ada  hal lain yang juga harus Anda perhatikan sebelum memutuskan memelihara hewan. Ketiga hal tersebut penting agar proses pemeliharaan dapat membahagiakan Anda, pun hewan kesayangan Anda.

Mungkin Anda memang sudah khatam mengenai cara perawatan hewan. Setiap hari Anda memberi makan dan minum dengan tepat waktu, memandikan, memberikan obat antikutu, dan memberikan vaksin. Anda pun tak pernah alpa membersihkan kandang dan mengajarinya buang air di tempat yang disediakan. Namun, apakah cukup ini saja?

Sebenarnya, ada beberapa hal lain yang perlu menjadi pertimbangan ketika memutuskan memelihara hewan di rumah. Bisa jadi, Anda tidak menyadari hal-hal tersebut. Berikut adalah di antaranya.

Usia saat dipelihara

Sangat disarankan memelihara hewan ketika masih anakan. Usia ideal untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing adalah sekitar 2-3 bulan. Keuntungan memelihara hewan sejak dari anakan adalah bisa mendidik atau mengajari hewan tersebut. Misalnya, tempat dan cara membuang air di wadah atau lokasi khusus. Atau mengajari hewan peliharaan agar mudah bersosialisasi dengan hewan peliharaan lainnya.

Hewan peliharaan yang dipelihara sejak anak-anak juga akan lebih mudah dijinakkan dan ramah pada manusia. Namun, ini menjadi pengecualian jika Anda memang memelihara hewan tersebut sebagai penjaga rumah. Misalnya, anjing jenis pitbull atau pincher. Jika Anda memelihara anjing sebagai penjaga rumah, sebaiknya pilih anjing yang sudah cukup dewasa atau sudah terlatih.

Penyakit bawaan

Sebelum memelihara hewan, Anda perlu memastikan vaksin yang telah diberikan dari toko hewan peliharaan (petshop) atau dokter hewan. Ketahui pula jenis vaksin lainnya yang perlu diberikan. Selain vaksin, cermatilah kondisi hewan peliharaan. Pastikan tidak ada penyakit bawaan ketika Anda mulai memeliharanya.

Namun, mungkin pertimbangannya akan berbeda ketika Anda memelihara hewan dengan tujuan adopsi. Memilih anjing dan kucing yang telantar dari tempat penampungan hewan agar mereka mendapatkan tempat yang lebih baik bisa jadi salah satu alasannya. Jika Anda berniat untuk mengadopsi hewan-hewan telantar, pertimbangkan dengan segala risiko dan konsekuensinya. Anda pun perlu mengetahui cara penanganannya.

Lingkungan dan keluarga

Anjing dan kucing mungkin terkesan lucu dan menggemaskan bagi sebagian orang. Namun, pertimbangkan sekali lagi jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap bulu-bulu hewan. Sebaiknya tanyakan dulu pada anggota keluarga lainnya untuk mendapatkan persetujuan pemeliharaan hewan. Jika masih tetap ingin memelihara hewan tertentu tanpa terganggu alergi solusinya adalah memilih jenis hewan peliharaan yang tidak memiliki bulu seperti ikan.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan jika lingkungan di sekitar tempat tinggal tidak menerima hewan peliharaan tertentu. Misalnya, ular. Jika Anda tinggal di apartemen, Anda juga perlu siap dengan risiko larangan memelihara hewan dalam unit apartemen. Pilihan terakhirnya adalah memelihara ikan dalam akuarium. Pertimbangan-pertimbangan inilah yang perlu Anda pikirkan ketika memelihara hewan peliharaan tertentu. [KUL]

 

Foto ilustrasi: istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments