foto2706(1)

Cara Simpel nan Seru Habiskan Libur Lebaran

Panjangnya libur Lebaran memang menyenangkan. Namun bagi Anda yang terbiasa sibuk, libur yang terlalu lama bisa membuat “mati gaya”. Bosan, tak tahu lagi harus bagaimana melewati hari yang mendadak terasa melambat. Tenang, ada cara sederhana tapi tak kalah seru untuk menghabiskan hari, kok.

Hari pertama Lebaran memang yang paling seru, karena itulah saat berkumpul bersama sanak saudara dan kerabat. Demikian juga dengan hari kedua Lebaran. Hari ketiga, biasanya kita mencari destinasi wisata untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Contohnya pergi wisata ke pantai, museum, atau mengunjungi pusat-pusat seni dan budaya setempat. Nah, beberapa hari yang tersisa bisa Anda habiskan untuk hal-hal berikut ini.

Memasak. Hari keempat Lebaran, mungkin Anda mulai eneg dengan menu Lebaran. Sedangkan resto belum banyak yang buka. Kalau buka pun, umumnya sangat penuh. Mengapa tidak Anda manfaatkan momen ini untuk memasak bersama saudara-saudara atau bahkan bersama si kecil. Entah itu masakan berat atau kue-kue kering untuk dibawa pulang kembali ke kota asal. Masak sambil mengobrol bisa membuat Anda dan keluarga makin dekat.

Betulkan rumah. Para ayah atau anak lelaki bisa melakukan aktivitas untuk membantu membenahi rumah, baik rumah sendiri atau rumah orangtua. Misalnya, membantu pengecatan ulang ruangan tertentu seperti ruang tamu. Atau membantu membenahi kursi-kursi yang rusak. Pada saat Lebaran, menemukan tukang akan sangat sulit. Foto hasil pekerjaan Anda, lalu pamerkan lewat media sosial.

Permainan kelompok. Setelah selama ini mungkin si kecil lebih sering bermain di gadget, inilah saatnya mengajak anak Anda untuk mencoba permainan kelompok yang dulu sering dimainkan. Ini bisa lebih seru. Anda bisa mengajak mereka main monopoli, main kartu, atau permainan masa kecil seperti pentak umpet. Anda pun bisa memberikan sarana permainan seperti bola basket atau permainan badminton.

Olahraga bersama. Bakar kalori yang ditumpuk selama hari-hari awal Lebaran dengan jalan santai atau bersepeda bersama seluruh anggota keluarga. Apalagi umumnya di hari-hari ini jalanan relatif masih sepi.

Beres-beres rumah. Setelah merayakan Lebaran di rumah sendiri, tentu rumah akan terasa berantakan. Sisihkan waktu untuk berbenah dan membersihkan rumah. Tari (41), mengaku biasanya momen membereskan rumah setelah Lebaran adalah aktivitas yang paling menyita waktu dan tenaga. Karena itu, ajak seluruh anggota keluarga untuk terlibat.

Istirahat. Tidak hanya berbenah rumah, Anda pun perlu waktu untuk mengistirahatkan diri. Sebelum kembali bekerja, energi yang terkuras untuk menjalani aktivitas selama Lebaran perlu diisi ulang. Hindari menghabiskan waktu selama libur Lebaran hanya dengan melakukan perjalanan mudik dan kembali ke kota asal. Anda pun perlu menyediakan waktu untuk bersiap-siap memulai bekerja atau kuliah usai Lebaran.

Paling tidak, Anda masih memiliki waktu 1-2 hari untuk beristirahat. Jangan lupa, usai melakukan perjalanan mudik, Anda masih perlu membongkar barang bawaan sepulang dari mudik lalu menatanya kembali. Waktu istirahat selama 1-2 hari di rumah juga akan membantu Anda dalam menyiapkan diri agar tidak “kaget” ketika masuk kerja usai libur panjang. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments