foto2206

Furnitur Kayu Ikut Berdandan di Hari yang Fitri

Bukan hanya Anda yang perlu berdandan untuk menyambut Idul Fitri. Rumah pun butuh tampil cantik. Tak terkecuali furnitur-furnitur kayu yang ada di rumah Anda. Furnitur kayu yang telah berdandan bisa memberikan kesan natural dan hangat pada rumah. Pas untuk suasana kumpul keluarga. Sebaliknya, furnitur kayu yang tak terawat justru akan membuat rumah tampak lebih kusam.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengerti cara menjaga dan merawat furnitur kayu yang tepat. Padahal, karena bahannya alami, furnitur kayu sangat rentan terkena masalah. Mulai dari warna kayu yang cepat memudar, terkena jamur dan rayap, hingga lapisan kayu yang mudah rapuh dan retak.

Merawat furnitur kayu bisa dibilang gampang-gampang susah. Syaratnya, Anda perlu telaten. Jika malas membersihkan furnitur kayu atau hanya membersihkan furnitur kayu setahun sekali, kotoran akan menumpuk dan makin sulit dibersihkan. Berikut adalah tips sederhana untuk merawat furnitur kayu.

  • Hindari meletakkan furnitur kayu di tempat yang langsung terkena sinar matahari atau dekat dengan peralatan yang memancarkan panas. Paparan panas yang terus-menerus bisa menimbulkan retak di lapisan kayu. Selain itu, terik matahari juga bisa membuat warna kayu memudar dan membuat tampilan furnitur kayu menjadi kusam.
  • Hati-hati ketika memindahkan furnitur kayu. Menggeser furnitur kayu bisa memengaruhi bentuk furnitur, risiko kerusakan furnitur kayu pun lebih besar. Usahakan selalu mengangkat furnitur kayu ketika dipindahkan. Untuk furnitur yang berat seperti lemari pakaian, sebaiknya gunakan keset atau kain dibawah, agar furnitur tidak langsung bergesekan dengan lantai.
  • Sebisa mungkin jauhkan furnitur kayu dari air. Selain bisa merusak motif alami kayu, resapan air bisa menjadikan lapisan kayu menjadi rapuh. Usahakan selalu mengeringkan secara sempurna jika furnitur terkena rembesan atau tumpahan air.
  • Segera bersihkan noda-noda yang mengenai furnitur kayu. Ada noda yang cukup dibersihkan dengan air, atau campuran air dengan sabun. Untuk kondisi yang berat, seperti ketumpahan cat, bekas noda cat perlu dibersihkan dulu, barulah melapisi ulang permukaan kayu.
  • Membersihkan furnitur kayu sehari-hari sebenarnya cukup dengan kemoceng atau kain lembut agar debu-debu tidak menempel di permukaan kayu. Untuk ukiran kayu yang memiliki lobang-lobang kecil, Anda bisa menggunakan kuas kecil yang halus atau sikat gigi.
  • Semprotkan cairan pelapis furnitur secukupnya pada permukaan furnitur kayu. Selanjutnya tinggal dilap dengan kain dan biarkan hingga kering.
  • Untuk menjaga keindahan warna kayu dan memperpanjang usia lapisan coating kayu, Anda bisa memanfaatkan biopolis untuk memoles kembali lapisan furnitur kayu. Rajin memoles lapisan furnitur kayu penting jika Anda meletakan furnitur kayu di luar ruangan. Namun apabila Anda meletakkan di dalam ruangan, furnitur bisa dipoles ulang 2-3 tahun sekali. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments